fbpx
37 Makanan Khas Jogja Terkenal Paling Top

37 Makanan Khas Jogja Terkenal Paling Top

Selain terkenal dengan beragam destinasi wisata, Kota Jogja juga terkenal dengan makanan khas yang beraneka ragam. Ada apa saja?? simak sampai akhir artikel ini ya! dan pastikan tidak ada yang terlewat.

Makanan Khas Jogja Paling terkenal

1. Gudeg

gudeg makanan khas jogja
Gudeg

Kalau bicara tentang Jogja, Kuliner yang paling berkesan adalah gudeg. Makanan khas jogja yang satu ini bahkan sudah melekat sebagai identitas Jogja yaitu Kota Gudeg.

Berbahan dasar nangka muda, di masak dengan berbagai bumbu dan santan hingga menghasilkan rasa yang legit dan gurih. Gudeg pun terbagi 2 ada gudeg kering dan ada gudeg basah. Yang membedakan hanya cara memasaknya yang membuat kuah habis atau masih menyisakan kuah.

Ada banyak gudeg yang terkenal di Jogja diantaranya yaitu gudeg Yu Jum, Gudeg Bu Tjitro, Gudeg Bu Tinah, Gudeg Pawon, dan masih banyak yang lainya. Sekarang Juga ada gudeg kemasan kaleng jadi bisa sebagai alternatif oleh-oleh khas Jogja.

Gudeg Kemasan Kaleng
Gudeg Kemasan Kaleng

Baca Juga “10 Kuliner Jogja Top & Favorit”

2. Oseng Mercon

Oseng Mercon makanan khas jogja
Oseng Mercon

Siapa bilang kuliner jogja hanya identik dengan rasa manis? Jangan salah, karena ada oseng mercon yang dijamin pasti bikin lidah kamu bergetar.

Salah satu oseng mercon yang terkenal adalah oseng mercon bu narti, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. kalau kamu pecinta pedas, Wajib coba dan buktikan sendiri pedasnya! Oseng mercon juga ada versi kalengnya juga, Jadi variasi oleh-oleh jogja kalian juga semakin beragam.

Oseng Mercon Bu Narti versi kaleng
Oseng Mercon Bu Narti versi kaleng

Baca Juga “7 Kuliner Jogja 2021”

3.Bakpia Pathok

Bakpia Pathok makanan khas jogja
Bakpia Pathok

Jajanan Jogja yang paling sering menjadi sasaran para wisatawan untuk oleh-olehnya adalah bakpia pathok. Nahkan salah satu lagu P-project juga berjudul nama jajanan ini.

Jajanan bulat pipih ini berisi kacang hijau. Akan tetapi sekarang sudah banyak varian isinya mulai dari keju, coklat, greentea, stroberi, dll. Kamu juga bisa menemukan dengan mudah di berbagai sudut kota Jogja.

Baca Juga “Wisata Kuliner di Malioboro”

4. Geplak

Geplak
Geplak

Salah satu makanan khas tradisional Jogja yang sampai saat ini masih lestari adalah Geplak. Terbuat dari campuran parutan kelapa, gula dan tepung ini seringkali menjadi salah satu pilihan oleh-oleh pendamping bakpia pathok. Identik dengan rasa manis dan berwarna-warni, harapanya jika kamu memakannya bisa membuat hari-hari kamu jadi lebih manis dan lebih berwarna guest.

Baca Juga “5 Tempat kuliner Instagramable di Jogja”

5.Sate Klathak

Sate Klatak
Sate Klatak

Untuk kamu para pecinta olahan daging kambing, wajib coba masakan khas jogja yang satu ini. Sate klatak ini berbeda dengan sate pada umumnya.

Potongan-potongan daging kambing muda ditusukkan pada jeruji besi. Hal ini membuat panas yang lebih merata hingga ke dalam sehingga membuat daging lebih empuk. Bumbu sate ini juga berbeda dengan yang lainnya. Kalau biasanya menggunakan bumbu kacang dan kecap, sate klatak saat di bakar hanya di tabur garam saja dan memakanya disiram kuah gulai.

Ada beberapa sate klathak yang terkenal di jogja diantaranya sate klathak pak pong dan sate klathak pak bari.

Baca Juga “Tempat Kuliner Jogja Untuk Keluarga”

6. Cenil

Cenil

Jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan ini tak lekang oleh waktu. Cenil biasanya dimakan bersama teman-temannya yaitu lupis, gatot, dan lainya. bertabur parutan kelapa dan gula merah cair membuat jajanan khas ini mempunyai rasa yang unik. Perpaduan gurih dan manis serta tekstur yang kenyal dari cenil serta lembutnya lupis ini susah untuk terlupakan.

Di Jogja ada Cenil Lupis yang terkenal, namanya Cenil Lupis mbah satinem. Bahkan artis korea Lee seung Gi pernah datang mencoba makanan khas Jogja ini.

Baca Juga “Tempat kuliner Jogja paling hits & terkenal”

7. Sate Petir

Sate Petir
Sate Petir

Satu lagi masakan khas Jogja dengan cita rasa yang memadukan manis dan pedas yang menggelegar. Sate petir namanya. Kalau biasanya sate identik dengan bumbu kecap dan cenderung manis, Sate yang satu ini justru bertabur cabai yang memunculkan sensasi seperti tersambar petir.

Sate petir pak nano berlokasi di ringroad selatan (maps), Buka dari jam 12.00-19.00 jangan sampai terlewat ya. buktikan sendiri pedasnya!

Baca Juga “Kuliner Jogja terbaru 2021”

8. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah
Tengkleng Gajah

Kalau mendengar nama Tengkleng Gajah, kira-kira apa yang terlintas di pikiran kamu?? kalau kamu berfikir ini adalah Tengkleng dengan daging gajah?? maka jawabnya bukan, bahan dasarnya tetap daging kambing ya sobat kuliner. Hanya saja ukuran dagingnya yang besar maka disebut gajah. Porsinya mantab jadi kamu pasti puas menikmatinya.

Baca Juga “Kuliner Pedas Jogja yang wajib dicoba”

9. Krecek

Krecek
Krecek

Menu ini biasanya bersanding dengan gudeg. Masakan khas jogja yang satu ini bisa pedas atau tidak yang pasti tekstur chewy dan lembut dari kreceknya membuat makan kamu semakin terasa nikmat. Krecek adalah krupuk rambak yang di olah menjadi sayur, uniknya krupuk rambak ini tidak hancur saat masuk ke dalam air, akan tetapi teksturnya menjadi lembut dan chewy.

Sekarang krecek ini juga sudah ada versi kemasan kalengnya. jadi bersma gudeg kaleng bisa melengkapi oleh-oleh kalian.

Krecek kemasan kaleng
Krecek kemasan kaleng

10. Yangko

Yangko

Adalah makanan khas Jogja yang yang terbuat dari tepung ketan. Berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, makanan khas Jogja ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Berisi campuran cincangan kacang , seperti kue moci asal Jepang. Hanya bedanya, moci lebih lembek dan lebih kenyal.

11. Cilok Gajahan

Cilok Gajahan
Cilok Gajahan

Asal cilok sendiri sebenarnya dari Jawa Barat. Akan tetapi Jogja membuat jajanan ini banyak menjad buruan pecintanya sehingga menjadi salah satu masakan khas yang terkenal. ukurannya yang lebih besar dari yang lainya, juga cita rasanya yang gurih membuat kamu susah move on.

Sekarang tidak perlu khawatir kehabisan stok, karena ada versi kemasan atau bisa frozen. kamu bisa stok banyak di kulkas kamu dan menikmatinya kapan saja.

CIlok Gajahan Frozen
CIlok Gajahan Frozen

12. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul

Masakan khas jogja yang satu ini adalah khasnya gunungkidul. Olahan pengganti nasi ini terbuat dari singkong. Saat jaman penjajahan jepang harga beras yang tidak terbeli membuat masyarakat akhirnya menemukan tiwul sebagai pengganti nasi.

Namun saat ini, Tiwul justru menjadi primadona bahkan menjadi ciri khas masakan gunungkidul, wonogiri, pacitan, dan Blitar. Ada juga Tiwul dalam bentuk instan jadi bisa kamu bawa pulang dan bikin kapan saja kamu ingin menikmatinya.

13. Mangut Lele

Mangut Lele
Mangut Lele

Olahan ikan lele dengan kuah santan berbumbu pedas jadi salah satu sajian khas di daerah sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ada yang menggunakan lele goreng dan ada juga yang menggunakan lele asap.

Mangut Lele Mbah Marto adalah salah satu yang terkenal di Jogja. Belia sudah mendikasikan diri dalam usahanya ini selama 60 tahun lebih. Oleh karena itu, Jangan sampai terlewat untuk menikmati masakan khas Jogja yang satu ini.

14. Soto Lenthok

Soto Lenthok

Masakan Khas Jogja yang nikmat selain gudeg adalah Soto Lenthok. Soto ini mirip soto kudus yang berkuah bening, lengkap dengan suun, suwiran danging ayam dan taoge. Yang membedakan dengan soto lainya adalah keberadaan perkedel ketela yang disebut lenthok. Perpaduan gurihnya lenthok dan kuah soto yang hangat membuat cita rasanya menjadi sempurna.

15. Sate Kelinci

Sate Kelinci

Menyantap olahan kambing dan ayam sudah biasa. yang jarang adalah olahan kelinci. Sate Kelinci kini bisa kamu nikmati sebagai masakan khas Jogja. Ada Warung Mbah ganis yang menyediakan olahan kelinci, kamu juga bisa menikmati tongseng dan rica-rica kelinci juga.

16. Bakmi Jogja

Salah satu ciri dari bakmi Jogja adalah bentuk mie yang lebih besar. Kamu bisa memilih godhog atau goreng. lengkap dengan irisan ayam kampung dan kol membuat masakan khas jogja ini menjadi istimewa dan nikmat. Ada beberapa bakmi jogja yang terkenal diantaranya Bakmi Mbah Gito, Bakmi Pak Pele, bakmi pak kadin, dan masih banyak yang lainya.

17. Belalang Goreng

Belalang Goreng
Belalang Goreng

Kalau kamu ingin mencoba kuliner yang jarang ada, kamu bisa mencoba Walang Goreng. Walang alias belalang ini sangat renyah jadi bisa menjadi cemilan atau bisa juga dinikmati bersama nasi hangat. Meskipun terdengar aneh, akan tetapi walang mengandung banyak nutrisi. Kamu juga bisa membawa walang goreng ini sebagai oleh-oleh saat kamu pulang berlibur dari Jogja.

Walang Goreng dalam kemasan Praktis
Walang Goreng dalam kemasan Praktis

18. Kicak

Kicak
Kicak

Adalah salah satu sajian menu kuliner tradisional khas Kota Yogyakarta. Biasanya, kuliner ini dijual pada Pasar Ramadhan yang sering bertebaran di jalan-jalan Kota Jogja menjelang berbuka puasa. Menu ini dibuat dengan bahan baku seperti nangka, jadah ketan, kelapa muda, gula pasir, pandan, dan vanili.

19. Sate Kere

Sate kere Jogja
Sate kere Jogja

Namanya unik, tidak nampak daging apa bahan dasarnya. Terbuat dari koyor sapi atau bagian lek sapi yang di olah dengan bumbu tertentu sehingga saat dibakar menghasilkan aroma yang menggugah selera. Tidak hanya aromanya saja, rasanya pun tiak kalah dengan daging lainya.

Jogja mempunyai beberapa titik yang terkenal dengan sate kerenya. Salah satunya bisa kamu coba nikmati di pasar beringharjo. Meskipun hanya di emperan pasar, akan tetapi sate kere selalu ditunggu-tunggu para pecintanya. Bagaimana dengan kamu??

20. Gatot Gunungkidul

Gatot
Gatot

Yang ini bukan nama orang ya, akan tetapi makanan khas gunungkidul yang populer dengan sebutan produk wong cilik. Terbuat dari bahan sisa tiwul yang tidak bisa terproses, maka diolah menjadi gatot. Baik tiwul maupun gatot keuanya terbuat dari singkong yang notabene menjadi salah satu komoditas di daerah gersangnya gunungkidul.

Singkong yang dijemur di bawah panas matahari sehingga dinamakan gaplek. Gaplek ini kemudian di kukus dan disajikan dengan campuran gula jawa dan ditaburi parutan kelapa. Makanan ini tentunya akan sangat mengenyangkan dan bermanfaat bagi kamu yang mengalami masalah pencernaan.

21. Sego Abang Jirak

Menikmati Nasi merah di lesehan Pari Gogo
Menikmati Nasi merah di lesehan Pari Gogo

Lesehan Pari Gogo adalah nama warung makan yang menjual sego abang atau nasi merah ini. Sedangkan Jirak adalah nama sungai yang berada di samping rumah makan ini. Tempatnya yang strategis dan nikmatnya olahan makanannya membuat sultan hamengkubuwono X dan mantan presiden Megawati tertarik untuk datang juga.

Setelah memesan, berbagai macam masakan bernuansa tradisional pun akan hadir ke tempat lesehan kamu. Aneka masakan seperti sayur daun pepaya, sayur tempe, daging sapi bacem, jeroan bacem (usus sapi dan babat), dan wader goreng hadir. Dan tentunya satu cething nasi merah yang konon sangat kaya akan serat itu tentu wajib dihadirkan.

Kamu tertarik mencobanya? langsung saja datang ke lesehan Pari Gogo. Akses kesini cukup mudah, jika dari arah kota Wonosari (pasar) lurus saja ke arah Pracimantoro, Pacitan, dst. Ikuti saja jalan ke timur lurus. Perhatikan Speedometer kendaraan anda tepat 6 km dari lampu merah pasar Wonosari, pelankan laju kendaraan anda. Warung makan ini berada persis sebelum jembatanan Jirak, Semanu.

22. Sayur Lombok Ijo

Sayur lombok ijo
Sayur lombok ijo

Masakan khas yang satu ini bisa kamu jumpai di setiap warung atau rumah makan yang menyajikan hidangan tradisional Kota Jogja. Salah satunya pendamping sego abang jirak juga menyediakan menu ini. rasanya yang gurih dan pedas ini akan semakin menggugah selera makan kamu.

23. Bakmi Pentil

Mie Pentil khas Bantul
Mie Pentil khas Bantul

Menjadi Ikon kota bantul, Mie yang satu ini memiliki tekstur yang unik. Kalau ingin mencicipi mie pentil bisa menyambangi pasar-pasar tradisional daerah Bantul, seperti Pasar Barongan, Pasar Jejeran, Pasar Kotagede atau pasar-pasar tradisional di Yogyakarta.

Nama pentil sendiri berasal dari bentuk mie yang panjang dan berbentuk agak besar seperti pentil. para pedagang biasanya menggunakan daun jati sebagai bungkus kemudian mie ditambah sambal dan diberi taburan bawang goreng di atasnya. Walaupun sambal pelengkap mie dengan rasa gurih ini hanya terdiri dari campuran cabai rebus, garam dan gula saja tapi mampu menambah cita rasa nikmat pada mie.

Penjual mie Pentil berjajar  di pasar Imogiri
Penjual mie Pentil berjajar di pasar Imogiri

24. Mie Des

Mie Des Khas Bantul
Mie Des Khas Bantul

Salah satu jajaran kuliner malam jogja khas pundong Bantul Yogyakarta ini sangat diminati penhunjung. Mie Pedes yang lebih sering disebut Miedes ini mempunyai cita rasa yang khas. Terbuat dari Pati, tekstur mienya mirip mie pentil. Hanya saja pembuatanya tidak digiling akan tetapi di iris.

Ada varian buah dan sayurnya seperti rasa buah naga, wortel dan selada. Penasaran seperti apa? datang saja kesini dan buktikan kelezatanya!

25. Peyek Tumpuk

Peyek tumpuk khas Bantul
Peyek tumpuk khas Bantul

Rempeyek yang satu ini berbeda dengan rempeyek atau peyek pada umumnya. Kalau biasanya terihat tipis dan rapuh, peyek tumpuk berbentuk cenderung bulat, tebal dan besar. Yang paling terkenal adalah peyek tumpuk mbok tumpuk yang bahkan pernah menyabet rekor muri karena besar dan beratnya melebihi rempeyek pada umumnya.

26. Kue Adrem

Kue adrem atau bisa juga disebut tholpit
Kue adrem atau bisa juga disebut tholpit

Jajanan khas bantul jogja yang satu ini terbuat dari tepung beras dan gula jawa yang digoreng. Kamu bisa mendapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional yang ada di kota Jogja. Bentuknya yang unik, membuat jajanan ini mempunyai banyak nama.

Tholpit salah satu sebutan dari makanan khas jogja ini. Berasal dari kata “konthol terjepit” yang disingkat Tholpit. Ada juga yang menyebutnya “mana tahan” berasal dari ucapan pria kalau alat kelaminya terjepit. Aneh-aneh ya namanya, tapi jangan khawatir karena rasanya bisa memanjakan lidah kamu.

27. Mie Lethek

Mie Lethek Khas Bantul

Berawal dari kedatangan seorang dari Yaman yang ingin berdakwah bernama umar Yassir hingga akhirnya belia membuat mie dari bahan yang mudah didapatkan penduduk sekitar. Hal ini karena beliau ingin membantu masyarakat mendapatkan makanan yang baik. Karena dibuat dengan bahan alami dan tidak menggunakan pemutih, maka warna yang dihasilkan tidak putih bersih. Dari situlah muncul sebutan Mie lethek karena warnanya yang terihat kotor.

Pada tahun 2019 lalu, mie lethek khas Yogyakarta sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mie lethek setelah di olah
Mie lethek setelah di olah

28. Kripik Belut

Kripik Belut
Kripik Belut

Makanan Jogja yang ini adalah ciri khas wilayah Godean, Kabupaten Sleman, Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk beberapa orang yang tidak menyukai belut mungkin akan terdengar aneh saat tau binatang yang mirip ular kecil menjadi keripik. Akan tetapi kalau kamu sudah mencobanya, pasti ketagihan dan susah untuk berhenti mengunyah.

Keripik ini juga bisa menjadi alternatif oleh-oleh kamu ya. mau menjadi cemilan atau teman makan bersama nasi hangat pun bisa.

29. Kipo

Jajanan Khas Jogja "Kipo"
Jajanan Khas Jogja “Kipo”

Jajanan yang berbahan dasar beras ketan dan berisi parutan kelapa dan gula jawa ini tersa lembut dan manis. Semuanya dibuat menggunakan bahan-bahan alami, mulai dari tepungnya hingga pewarna yang terbuat dari daun suji. Kue yang dipanggang diatas daun pisang ini memunculkan aroma khas yang susah ditemukan.

Taukah kamu kalau asal kata “kipo” ini dari pertanyaan orang jawa “iki opo?” akhirnya menjadi kipo. Kamu bisa menemukan makanan khas ini di sekitar kotagedhe.

30. Pecel Pasar Beringharjo

Pecel Yang terkenal di Jogja salah satunya di pasar Beringharjo
Pecel Yang terkenal di Jogja salah satunya di pasar Beringharjo

Istilah pecel sering kita jumpai di mana saja di pulau jawa.. Jogja mempunyai warung pecel yang legendaris salah satunya berada di pasar beringharjo. Salah satu sayur yang melengkapi pecel ini adalah bunga turi. rasanya yang nikmat akan semakin menggugah selera. Apalagi kalau melihat jajaran lauk pauk yang tertata rapi di meja depan penjual. Kamu pasti akan lupa dengan gangguan kolesterolnya.

Ada sekitar 10 orang penjual pecel di pasar Beringharjo. Pilih mana yang terlihat semakin menggoda nikmatnyal’

31. Enthok Slenget

Enthok slenget Jogja
Enthok slenget Jogja

Bagi para pecinta pedas, masakan khas jogja yang ini sangatlah cocok. Daging enthog yang alot di tangan sang ahli akan menjadi lembut, berbalur kuah pekat yang mirip semur hanya saja slenget ini mempunyai cita rasa pedas sedangkan semur manis.

Saat tersaji bersama nasi hangat yang masih mengepul, lalapan kubis dan potongan mentimun membuat msakan ini menjadi lebih sempurna. Salah satu yang melegenda adalah enthog slenget kang tanir Berlokasi di Jl. Pakem – Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu bisa membuktikan sendiri kenikmatanya.

32. Coklat Monggo

Coklat khas Jogja
Coklat khas Jogja

Jajanan khas Jogja dengan cita rasa Belgia, kini semakin digemari masyarakat pendatang pada khususnya karena bisa menjadi alternatif oleh-oleh. oklat ini diolah dari biji kakao pilihan yang didapat dari perkebunan di Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Bahan Coklat Monggo ada yang berasal rasa jahe dan mete.

Coklat Monggo memang tidak semanis coklat biasa karena golongan coklat ini adalah dark chocholate yang cenderung pahit dan ini tidak seperti milk chocholate yang biasa banyak mengandung susu. Sehingga Coklat Monggo sangat aman bagi pelaku diet yang menginginkan kadar lemak yang rendah.

Berbagai Varian rasa

Ada beberapa outlet yang bisa kamu kunjungi yaitu kotagedhe, Bangunjiwi, Tirtodipuran dan hartono Mall. Kamu bisa pilih mana yang terdekat dengan lokasi kamu.

33. Brongkos

Sayur Brongkos

Jogja terkenal dengan beragam kulinernya, salah satu masakan khasnya adalah Brongkos. Makanan dengan kuah yang pekat ini banyak yang mengatakan mirip dengan rawon. Padahal keduanya adalah dua masakan yang berbeda, baik dari bumbu maupun isianya.

Meski sama-sama menggunakan kluwek tapi brongkos cenderung dengan cita rasa pedas gurih. tidak hanya potongan daging saja, tapi lengkap dengan kacang tolo, tempe tahu dan telur ayam. Kalau kamu pernah mencobanya, tentu sulit melupakan rasanya.

Salah satu yang terkenal adalah Brongkos handayani yang berada di sekitar alun-alun kidul Jogja.

34. Sego Pliket

Nasi Goreng Kambing atau sego pliket pak dakir
Nasi Goreng Kambing atau sego pliket pak dakir

Ide nama masakan ini berawal dari kegemaran Butet kertaratjasa Sang Budayawan yang merupakan salah satu pelanggan Nasi goreng kambing pak Dakir. Nasi goreng kambing dengan sumsum kambing sehingga membuat teksturnya sedikit lengket sehingga mendapat sebutan Sego Pliket. Datang saja ke Jalan HOS Cokroaminoto, No 75, Tegalrejo (maps), dekar Pasar Klithikan Yogyakarta.

35. Sego Godhog

Nasi Godhog Pak Pethel
Nasi Godhog Pak Pethel

Namanya memang terdengar aneh, akan tetapi untuk menikmati masakan ini kamu harus rela mengantri lama. Sego Godhog Pak pethel namanya. Nasi yang direbus dengan bumbu halus dan suwiran ayam serta kol ini bisa menghangatkan badan.

Kamu bisa datang langsung ke Ngaglik, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harus mau bersabar untuk bisa menikmati kuliner ini ya. karena antrianya panjang.

36. Sambel Welut

Sambel Welut Pak Sabar
Sambel Welut Pak Sabar

Siapa bilang Jogja hanya identik dengan gudeg saja, kamu juga bisa menikmati hidangan lainya yang tidak kalah menarik. Sambel welut ini misalnya. Salah satu yang terkenal adalah milik pak sabar. Pada suapan pertama kamu menikmati pasti akan terasa pedas, gurih dan segar yang bersatu padu. Membuat kamu ingin segera memasukkan suapan kedua dan seterusnya.

Datang saja ke Glagah Kidul Tamanan Kec. Banguntapan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta karena kamu harus membuktikan sendiri bagaimana gurihnya masakan khas Jogja yang satu ini.

37. Saoto Bathok

Saoto Bathok Mbah Katro
Saoto Bathok Mbah Katro

Masakan khas yang ini mengusung konsep soto solo, salah satu hal yang unik adalah wadahnya bukan mangkok akan tetapi bathok kelapa. Sedangkan mangkuk lauk, warung saoto bathok mbah Karto menggunakan piring kecil dibuat dari tanah liat.

Harga yang murah dan cita rasa yang segar menggugah selera, membuat tempat ini selalu ramai pengunjung. Kalau kamu ingin mencoba, datang saja langsung ke Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

=====================================

Sudah kami ulas 37 Masakan khas Jogja yang terkenal semoga bisa menjadi referensi untuk kamu memilih destinasi kuliner kamu selama di Jogja. Jangan lupa baca juga “15 Kuliner Jogja harga & menu”.