fbpx
Gudeg Pawon Jogja

Gudeg Pawon Jogja

Home ยป Gudeg Pawon Jogja

Gudeg adalah salah satu makanan khas kota jogja yang sangat terkenal. tak jarang banyak wisatawan memburu makanan ini saat berada di jogja. Disamping itu sekarang telah banyak penjual gudeg yang melakukan inovasi dari cara berjualan. contohnya, yang satu ini yaitu Gudeg Pawon Jogja.

sempat ramai di bicarakan di media sosial atau media massa tentang wisata kuliner jogja ini. sebenarnya ada apa sih kok bisa viral gitu? Mari Kita Bahas satu per satu.

1. Sejarah Munculnya Pawon Gudeg di Jogja

Faktanya, Gudeg bukanlah makanan asli jogja melainkan makanan khas surakarta atau kota solo yang sudah ada sejak abad 16.

Gudeg sebenarnya adalah jajanan pasar yang di jual di pinggir jalan. akan tetapi pada jaman dahulu variasi gudeg sangatlah bermacam-macam.

Mulanya gudeg muncul dari pertunjukan wayang di derah mataram dan hiburan di kala malam itu sangat di minati oleh masyarakat sekitar dan hal ini mengundang para penjual makanan yang salah satunya adalah penjual gudeg.

Banyak sekali cerita yang beredar mengenai makanan gudeg. misalnya, pemilik rumah di daerah surakarta akan menghidangkan menu gudeg untuk setiap para tamu yang berkunjung.

Kemudian, ada juga cerita tentang pedesaan di tanah jawa yang suatu ketika ada pengembara bernama cebolang beserta ke empat santri yang melalukan perjalanan sampai daerah Perdikan Majasta. setelah itu mereka pun disambut dengan makanan gudeg manggar, kupat dan lain lain.

serta pada saat di Wonogiri pun cebolang juga di suguhi hidangan yang sama namun berbeda variasi pengolahan dan suguhannnya

2. Gudeg Pawon Ibu Prapto

warung Gudeg ibu prapto merupakan usaha yang dirintis mulai tahun 1958. warung ini buka hanya pada malam hari saja tepatnya pada pukul 22.00 wib dan tutup pukul 01. dini hari.

Tak jarang bila banyak orang menamakan warung ini sebagai kuliner malam di jogja. Meskipun buka pada malam hari saja warung ini tak penah sepi dari pembeli bahkan semakin malam pengunjung semakin berdatangan.

Salah satu keunikan yang ada warung ini yaitu cara memasaknya yang masih menggunakan cara tradisional seperti menggunakan tungku bahan bakar kayu. Menurut pemilik warung ini mengatakan bahwa saat memasak menggunakan tungku, rasa yang di hasilkan akan lebih lezat.

3. Menu & Harga Gudeg Pawon Ibu Prapto

Meskipun selalu di padati pengunjung setiap harinya harga dari gudeg pawon ini terbilang cukup murah. Berikut ini adalah menu pilihan yang ada di warung gudeg ibu prapto

Menu Gudeg PawonHarga
1. Nasi Gudeg Lauk TelurRp. 11.000
2. Nasi Gudek Lauk AyamRp. 24.000
3. Nasi Gudeg Lauk KrecekRp. 11.000
4. MinumanRp. 2.000 – Rp. 5.000

4. Galery Gudeg Pawon Jogja

5. Lokasi Gudeg Pawon

kuliner jogja ini bisa kamu temukan di daerah jalan janturan, tepatnya di blok 36-38, saat anda memasuki daerah veteran berarti anda sudah dekat cukup anda telusuri daerah UTY. atau klik di link maps ini : Lokasi

Jalan janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164

6. Catatan

Bila anda datang ke tempat ini pastikan datang lebih awal agar tidak kehabisan. apalagi saat liburan, terkadang dalam waktu 2 jam saja gudeg sudah terjual habis.

Baca Juga : 5 Sate Jogja Paling Terkenal 2021