fbpx
Cave Tubing Kalisuci Sensasi Wisata alam Jogja Tak terlupakan

Cave Tubing Kalisuci Sensasi Wisata alam Jogja Tak terlupakan

Keseruan Cave Tubing Kalisuci wisata alam jogja
Keseruan Cave Tubing Kalisuci

Wisata Alam Jogja. Cave Tubing, Mungkin tidak asing dengan istilah itu. Olah raga petualangan dengan menggunakan ban dalam, menghanyutkan diri, sambil menikmati indahnya goa di sungai bawah tanah itulah cave tubing.

Berlokasi di Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps). Buka dari jam 08.00 – 16.00 WIB. disamping itu, paket wisata ini juga memiliki banyak spot yang menarik yang dapat anda explore lebih dalam.

Tetapi apa beda cave tubing lainya dengan yang ada di wisata alam jogja di kalisuci ini? Penasaran?

Simak sampai habis artikel ini. Jangan lupa Baca juga wisata alam jogja paling seru lainya untuk referensi destinasi wisata kamu lainya!

Transportasi wisata jogja

1. Cave Tubing

Makin seru Cave tubing bersama di Kalisuci wisata alam jogja
Makin seru Cave tubing bersama di Kalisuci

Menyusuri sungai yang mengalir melewati gua-gua bawah tanah menjadi salah satu petualangan wisata yang ditawarkan di Kalisuci, Semanu, Gunungkidul. oleh karena itu wisata ini Dikenal dengan istilah cave tubing, petualangan ini memadukan aktivitas caving (susur gua) dan body rafting

Warna air biru kehijauan yang kontras dengan warna daun, tebing karst, dan warna coklat tanah
membuat harmoni keindahan alam yang sempurna.

Menggunakan ban dalam kemudian bergerak mengikuti irama aliran air. Saat air tenang tangan harus mengayuh, sedangkan saat berada di jeram ban akan melaju cepat bahkan berputar mengikuti arus. Petualangan akan semakin menantang saat aliran sungai memasuki goa kalisuci dan goa gelatik.

Sinar matahari yang menghilang menjadikan suasana gelap. Cahaya di dapat dari headlamp. Terlihat stalaktit yang menetes dari atap goa, beberapa kalelawar menempel di langit-langit, dan ikan besar berenang di bawah kaki.
meskipun demikian tidak akan menutupi Keindahan dan kesejukan yang menyatu dalam keheningan.

Menikmati segala keindahanya di depan mata membuat hati tidak rela jika harus segera mencapai finish. Kamu bisa mencoba petualangan ini hanya dengan 120.000 rupiah saja untuk domestik dan 200.000 rupiah untuk non domestik.

2. Ray of Ligth

Goa Vertikal Luweng jomblang
Goa Vertikal Luweng jomblang sumber foto : kalisuci.com

Luweng Jomblang merupakan gua Vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu.

Runtuhan membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena saat anda memasuki goa, anda akan melihat luas mulut goa sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

Saat ini Goa Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus yang mana dikelola oleh penduduk atau warga setempat. 

Keseruan wisata alam jogja yang satu ini selain saat turun dan naik ke dalam goa, tentunya juga perjalanan di dalam goa. Tidak perlu ragu, karena pihak pengelola sudah menyiapkan kelengkapan sesuai standart keselamatan caving di goa vertikal.

Sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah serta kedalaman goa yang gelap gulita. 

Air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan. Tidak salah jika banyak orang terkagum-kagum mendatangi tempat ini ketika menyaksikan lukisan alam yang dikenal dengan istilah “cahaya surga”.

Biaya Caving goa vertikal per orang di bandrol dengan harga Rp. 500.000.

3. Outbond

Suasana Outbond di Kalisuci
Suasana Outbond di Kalisuci Sumber foto : kalisuci.com

Outbound adalah sebuah program yang pelaksanaannya di luar ruangan maupun di alam bebas (outdoor). Bentuk kegiatanya tersaji berupa permainan (games) kreatif serta edukatif.

Pengelola wisata alam kalisuci juga menyediakan tim untuk kegiatan outbond Training & Tamasya.
Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau games yang akan dilaksanakan di alam terbuka.
Dengan demikian, kegiatan ini dilakukan dengan 70% di alam terbuka dan 30% di isi dengan diskusi kelompok
sebagai penunjang kegiatan.

Banyak juga fun Game yang akan semakin meingkatkan koordinasi, konsentrasi dan kebersamaan setiap peserta.

Mengenai harga bisa di koordinasikan langsung dengan pihak pengelola wisata alam jogja kalisuci dengan kontak yang bisa di cek langsung melalui situs resmi kalisuci.com

4. Pasar Digital

Pasar Digital
Pasar Digital sumber foto : kalisuci.com

Destinasi Digital adalah destinasi yang dikreasi anak-anak Genpi yang Instagramable. jika anda mengambil foto atau mengacapture menggunakan kamera handphone, lalu diposting di media social, seperti Instagram atau Facebook, langsung mendapat respons positif.

Banyak yang views, likes, comments, repost, hingga share dari hal tersebut akan menambah followers, friends dan fans baru di akun kita.

Pasar Digital telaga Jonge menawarkan kuliner tradisional dan ada juga pertunjukan kesenian lokal.
Uniknya, pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan koin dari kayu persegi. Satu koin seharga Rp. 2.000 bisa di tukarkan pada loket yang tersedia.

Selain kuliner dan pertunjukan kesenian lokal, pasar digital juga menyediakan wahana tempat wisata :

  • Camping
  • Memancing
  • Wisata air
  • Acara adat
  • Live musik
  • Besik Telaga
  • Homestay

5. Fasilitas wisata alam jogja cave tubing kalisuci

Dalam hal ini harga setiap paket wisata sudah termasuk fasilitas berikut :

  • Savety standart Equipment (Pelampung, Helm, Deker,Ban)
  • Retribusi
  • Pajak
  • Jasa Pemandu
  • Toilet
  • Minum & Snack dan
  • Akomodasi ( dari tempat finish ke sekretariat).

Untuk melakukan reservasi bisa melalui transaksi secara online melalui situs resmi kalisuci.com. Sedangkan untuk pembayaranya pihak kalisuci menyarankan untuk pembayaran non tunai.