fbpx
Kuliner Jogja Terkenal dan Paling Hits

Kuliner Jogja Terkenal dan Paling Hits

Kuliner Jogja terkenal

Kuliner Jogja Terkenal-.Para wisatawan baik domestik maupun dari manca negara Mengakui bahwa Kota Jogja selalu menyimpan kenangan. Tidak hanya terkenal dengan keindahan tempat wisatanya, Ada banyak juga kuliner jogja yang terkenal enak dan murah.

Angkringan adalah salah satu makanan khas jogja yang banyak diminati wisatawan juga mahasiswa tentunya. Akan tetapi angkringan bukan satu-satunya tempat terkenal di jogya.

Apa saja yang terkenal dari kuliner jogja selain angkringa jogja? simak artikel ini sampai habis ya! Simak juga 10 Kuliner Jogja Favorit Wisatawan.

1. Mangut Lele Mbah Marto

Mbah Marto dengan Olahan special nya Mangut Lele
Mbah Marto dengan Olahan special nya Mangut Lele

Berlokasi di Mangut Lele Mbah Marto Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Maps). Meskipun lokasinya bukan di daerah stategis, karena kelezatanya tempat ini membuat lidah pengunjung tidak dapat berpaling.

Buka dari jam 10.00-19.00 WIB, Olahan lele dengan kuah santan yang pedas ini selalu dinantikan oleh pengunjung. Selain karena nikmatnya, tempat ini juga terkenal dengan keramahannya.

Mbah Marto selalu menjaga kualitas lele olahanya. Mulai dari memilih lele yang sudah cukup umur, besarnya pas dan masih segar atau hidup. Tempat ini mengolah masakanya dengan menggunakan tungku kayu bakar.

Sebelum menjadi mangut lele yang lezat, lele akan diasap terlebih dahulu. Menggunakan bambu yang menjepit badan lele yang memudahkan membolak-balikan lele. Menggunakan bumbu dengan santan, cabai, bawang merah, bawang putih, daun salam, kencur dan tak lupa petai nya untuk membuat mangut lele menjadi sedap dan istimewa.

Disini juga menyediakan gudeg basah yang pedas, krecek, dengan kacang tolo yang juga pedas, dan aneka lauk pauk mulai dari tempe, telur, ati ampela, dan masih banyak lagi lainya yang tentunya diolah dengan cita rasa yang istimewa.

Food Vloger Next Carlos dan Mgdalenaf mencoba mangut lele mbah Marto
Food Vloger Next Carlos dan Mgdalenaf mencoba mangut lele mbah Marto

Meskipun lokasinya masuk gang dan sederhana, tidak sedikit artis dan food vloger yang berkuliner di mangu lele mbah marto ini.

Bagaimana dengan kalian? Liburan ke Jogja harus mencoba kuliner terkenal ini ya!

2. Entok Slenget kang Tanir

Plang Entok Slenget Kang Tanir kuliner jogja terkenal
Plang Entok Slenget Kang Tanir

Berlokasi di Jl. Pakem – Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Maps). Buka dari jam 16.00-21.00 WIB.

Kang Tanir menyapa setiap pengunjung yang datang ke tempat ini. Belia akan menanyakan pesanan, lengkap dengan level pedas yang Anda inginkan.

Tidak semua orang bisa mengolah enthok menjadi sajian yang nikmat. Akan tetapi di tangan kang Tanir, daging enthok yang alot pun takluk dan siap menggoyang lidah anda dengan rasanya yang nikmat.

Seporsi enthog slenget dan lalapan kubis juga timun yang di iris dadu, dengan nasi putih yang masih mengepul hangat, akan membuat Anda selalu ingin kembali lagi kesini.

Slenget enthog ini sepintas mirip dengan semur tanpa santan. Yang membedakan adalah rasa pedas pada slenget yang menyengat dan menggigit lidah.

Dalam satu hari, kang tanir menghabiskan 12-15 ekor enthog. Hanya dalam waktu 3 jam saja slenget enthog ini bisa habis. Jangan datang terlalu malam ya. Sebaiknya datang saat warung buka jam 16.00 agar tidak sampai kehabisan.

3. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto Sulung Tugu
Soto Sulung Tugu

Berada di Jl. Gedongkuning No.2, Pelem Mulong, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari jam 09.00-21.00 WIB.

Mengambil nama dari sebuah gang di surabaya, Sulung dengan arti anak pertama. Saat ini Soto Sulung sudah dipegang oleh generasi kedua. Bapak Malik Marzudin adalah pendiri pertamanya. Anak-anak pak Marzudin sekarang sudah melebarkan sayap dengan membuka soto sulung di cabang-cabang lainya.

Yang membedakan dengan soto lainya yaitu karena soto sulung tidak menambahkan sayuran atau bihun ke dalam kuahnya.Sehingga isianya murni daging sapi atau jeroan.

Di meja terdapat Nasi yang terbungkus daun dan dilapisi kotan. Jadi pembeli bebas untuk memasukkan nasi ke dalam kuah atau memakanya secara terpisah.

Perpaduan kuah soto yang gurih, dengan daging sapi yang banyak dan telur rebus menjadikan soto semakin nikmat, apalagi disantap saat masih panas.

4. Sate Klathak Pak Bari

Kuliner Sate klathak Pak Bari kuliner jogja terkenal
Kuliner Sate klathak Pak Bari

Kuliner yang satu ini sangat terkenal terutama sejak Rangga dan Cinta dalam Film AADC melakukan syuting adegan di tempat ini.

Berlokasi di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari jam 18.30-01.00 WIB.

Tusuk sate yang terbuat dari jeruji besi, membuat sate ini berbeda dengan sate pada umumnya. Jeruji besi membuat daging menjadi lebih empuk karena panas yang dihantarkan lebih merata.

Hanya menggunakan garam saat dibakar, tidak menggunakan bumbu kacang ataupun bawang merah membuat sate ini terkesan minimalis. Akan tetapi rasa yang nikmat akan keluar saat kita mencampurkan kecap dan bumbu gulai sebagai pelengkap sate ini.

Selain Rangga dan Cinta yang pernah makan sate disini, Mira lesmana dan Riri Riza dan beberapa artis ibukota lainya juga berlangganan sate disini.

Bagaimana dengan Anda? jangan sampai terlewat ya!

5. Nasi Godhog Pak Pethel

Kuliner Sego Godhog Pak Pethel
Kuliner Sego Godhog Pak Pethel

Berlokasi di Ngaglik, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari jam 19.00 sampai habis.

Ide membuat nasi godhog ini muncul saat Pak Slamet atau yang biasa di panggil Pak Pethel ini sedang masuk angin dan ingin makan yang panas-panas. Kemudian kakak perempuan pak Pethel mengajarkan membuat nasi godhog. Dari sini pak Pethel mulai mengembangkan resepnya, hingga terciptalah nasi godhog pak Pethel yang legendaris ini.

Bagi Anda yang belum bisa membayangkan bagaimana nasi godhog ini, akan kami beri sedikit bocoran proses pembuatanya. Tumis Bumbu halus bersama kol dan suwiran ayam,  telur, dan air kaldu. Setelah mendidih baru masukkan nasi, bihun, kecap, irisan tomat, daun bawang, dan cabe jika memesan dengan rasa pedas.

Jika Anda datang kesini, pastikan datang lebih awal. karena saat warung belum di buka, pesanan sudah mengantri. Tidak sedikit pengunjung yang melakukan pemesanan melalui SMS/telp. Jadi kesana tinggal makan saja.

Meskipun harus mengantri hingga 1 jam bahkan lebih, tidak menyurutkan minat pembeli untuk datang dan makan ke tempat ini. Untuk menjaga rasa dan kualitas nasi godhog, Pak Pethel hanya menggunakan 1 wajan untuk membuat 1 porsi nasi godhog.

6. Penutup

Apakah sudah mendapat ide untuk kuliner kemana? Semoga artikel ini bisa membantu kalian menemukan kuliner yang paling menggugah selera kalian ya!. Jangan lupa simak juga tempat kuliner instagramable di Jogja.

Happy Kuliner ya guest…