fbpx
Wisata Gunung di Jogja- Menghirup Udara Segar

Wisata Gunung di Jogja- Menghirup Udara Segar

Wisata Gunung di Jogja
Wisata Gunung di Jogja

Wisata gunung Jogja-. Kota yang menyimpan sejuta pesona wisata, itulah Jogja. Jika Anda mempunyai hobi berpetualang, maka tidak salah mencoba wisata gunung di Jogja.

Seperti apa tantangan gunung-gunung di Jogja? Pastinya udara segar khas pegunungan bisa membuat pikiran Anda terbebas dari polusi.

Akan kita ulas beberapa wisata gunung di Jogja dengan panorama yang menarik, pastikan kamu bisa mengunjunginya!. Simak juga wisata Jogja di Gunung Kidul yang wajib dikunjung

Transportasi wisata jogja

1. Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran wisata gunung Jogja
Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba dengan puncak di ketinggian 700 mdpl menjadi spot menari bagi para pemburu sunrise. Terletak di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun pandemi belum berakhir tapi tidak menghalangi wisatawan untuk mengunjungi Gunung ini, dengan mematuhi syarat protokol kesehatan harus . Pembatasan pengunjung juga dilakukan oleh pihak pengelola.

di Gunung ini anda bisa mengunjungi beberapa spot hanya saja saai ini yang di buka hanya gunung api planggeran dan embung planggeran. Kampung Pitu dan Air terjun kedung kandang masih belum di buka

Wisata gunung ini juga menyediakan educational tourism mulai dari membajak sawah, menanam padi,  belajar membatik, kerajinan janur, belajar membuat dodol coklat dan keripik coklat. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman kepada wisatawan yang berkunjung.

2. Puncak Becici

Berada di Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Maps). Wisata gunung ini mempunyai banyak spot yang instagenic.

Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pernah mengunjungi tempat ini pada Juni 2017 ini sudah buka kembali sejak 22 Juli 2020.

Anda dapat melakukan banyak hal disini, selain hal wajib setiap berwisata yaitu berswafoto, Outbond, Camping, Family Gathering, Foto Pre-wedding, Hiking, dan pastinya khas pegunungan adalah berburu sunset.

Gardu Panda adalah spot paling menarik untuk berfoto bagi wisatawan puncak becici. Lampu-lampu hias tersebar di setiap sudut hutan pinus, membuat tempat ini semakin indah dan tidak terkesan gelap.

Medan yang luas dan sejuk, sangat tepat sekali untuk melakukan camping ataupun outbond disini. Hawa sejuk dan bentang alamnya akan membuat suasana menjadi semakin Fresh.

Anda bisa merasakan sensasi berkeliling di Puncak becici ini dengan Jeep. bahkan ada beberapa paket pilihan mulai dari short trip, medium hingga long trip.

3. Gunung Gentong

Puncak Gunung Gentong wisata gunung jogja
Puncak Gunung Gentong

Gunung Gentong merupakan objek utama Desa Ngalang. Ketinggian gunung ini ialah 520 mdpl. Pada Puncak gunung ini terdapat padhasan/gentong kecil yang tak biasa.

Objek kedua adalah Gadhean atau Pesanggrahan Prabu Brawijaya. Gadhean merupakan tempat persembunyian dan tempat semedinya Prabu Brawijaya.

Objek ketiga adalah Watu Tumpang, Banyak para wisatawan yang melakukan tracking pada lokasi ini.

 Objek selanjutnya biasa disebut Omben Gagak atau dalam Bahasa Indonesia, ‘tempat minum gagak’. Yang menarik dari Omben Gagak adalah air yang ada di lubang ini tidak pernah kering.  Saat musim kemarau, air ini tak pernah surut. 

Masyarakat lokal yang ramah tidak hanya sebagai pengantar wisatawan saja. Mereka dengan senang hati memberi suguhan makan siang yang menggugah selera.

Makanan Khas Penduduk sekitar
Makanan Khas Penduduk sekitar

4. Gunung Ireng

Wisata Gunung Ireng wisata gunung jogja
Wisata Gunung Ireng

Ada banyak spot di Jogja Jika Anda ingin menyaksikan keindahan matahari terbit. Salah satu tempat untuk mengabadikan momen tersebut yaitu di Gunung Ireng.

Jika beruntung disini anda dapat menyaksikan lautan kabut, Cantiknya matahari terbit dan hamparan pegunungan yang menawan. Tidak salah jika gunung Ireng menjadi salah satu favorit wisata gunung di Jogja yang banyak diburu wisatawan.

Nama Gunung ireng ini berasal dari bebatuan hitam yang ada di puncak dan sedikitnya pepohonan di puncak, sehingga dari kejauhan akan terlihat warna hitam yang dominan di bagian puncaknya.

Wisata gunung yang satu ini terletak di Ngrancahan, Pengkok, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain karena lokasi Gunung Ireng tidak terlalu jauh dari pusat kota, akses menuju kesana juga mudah. Anda cukup menempuh

Berada di puncak gunung ireng, sangatlah menyenangkan. Suhu yang dingin dan pepohonan yang rindang akan membuat Anda merasa nyaman. Dari ketinggian kita dapat melihat pemandangan yang pasti akan menyejukan mata.

Hamparan sawah dan ladang dari penduduk sekitar,juga hutan-hutan yang lebat menghiasi kawasan perbukitan gunung ini.

Bagaimana travelers? Anda tertangtang untuk berburu sunrise disini? atau mau mencoba menikmati sunset gunung ireng juga bisa. Tinggal sesuaikan saja waktu dan pastikan semua persiapannya lengkap ya. Jangan lupa Tetap patuhi protokol kesehatan.

5.Gunung Andong

Samudra Awan di wisata Gunung Andong
Samudra Awan di wisata Gunung Andong

Berada masih di sekitar jogja, tepatnya di perbatasan magelang, salatiga dan semarang. Wisata Gunung Andong ini memiliki ketinggian 1.731 mdpl.

Bagi pendaki pemula, gunung ini sangat cocok karena trek pendakian yang mudah dan hanya membutuhkan 2 jam untuk bisa mencapai puncak. Hal ini menyebabkan pengunjung di setiap akhir pekan selalu ramai.

Ada beberapa objek yang bisa kita nikmati di gunung andong, yang pertama tentunya sunrise. Matahari akan terlihat sempurna antara Gunung Telomoyo di sebelah kiri dan Gunung Lawu, Gunung Merbabu serta Gunung Merapi di sebelah kanan. Posisi terbaik untuk menikmati sunrise di batu pertapaan, karena menghadap langsung pada matahari terbit.

Objek kedua adalah samudra awan, Samudera Awan terbaik biasanya muncul di dekat Batu Pertapaan dengan latar belakang Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Selanjutnya ada view 4 puncak tertinggi. Gunung Andong memiliki 4 puncak tertinggi yaitu puncak alap-alap, puncak andong, puncak jiwa, dan puncak makam.

Jika anda ingin menikmati susana yang tenang, sangat di rekomendasikan untuk berada di puncak alap-alap. Puncak tertinggi berada di Puncak Andong, disini kita bisa melihat secara jelas beberapa gunung di sekitarnya.

Objek terakhir yang bisa kita kunjungi di gunung ini adalah Air terjun sumuran. Berjarak 5km dari basecamp dusun sawit dengan ketinggian 30 meter.

Air terjun sumuran
Air terjun sumuran

6. Penutup

Ada 5 wisata gunung jogja yang kami rekomendasikan untuk kalian. Jadi, bagaimana rencana liburan kalian nanti? mau berwisata kemana bersama teman-teman atau mungkin bersama keluarga?

Semoga artikel ini bisa membantu kalian ya. Simak juga Wisata Alam Jogja 2021 Paling Seru.