fbpx
Wisata Jogja di Gunung Kidul Yang wajib Dikunjungi

Wisata Jogja di Gunung Kidul Yang wajib Dikunjungi

wisata jogja gunung kidul 2021

Wisata Jogja gunung Kidul-.Destinasi wisata di Kab. Gunung Kidul ini memang sangat menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.

Hal itu dikarenakan di daerah ini banyak tempat wisata baru yang sangat eksotis.

wisata apa saja kira-kira yang bisa kita tuju ?

Akan kami uraikan 5 destinasi wisata jogja gunung kidul yang wajib untuk dikunjungi di artikel ini, simak sampai habis ya!

Jangan lupa simak juga wisata jogja terbaru 2021.

Transportasi wisata jogja

1. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin wisata jogja gunung kidul 2021
Telaga Biru Semin

sebagian orang menganggap sebagai duplikat danau Kelimutu

Hal ini memang merujuk dari keindahan yang luar biasa.

Terletak di puncak bukit ngentak, Desa Candi Rejo, Kec. Semin Kab. Gunung Kidul Yogyakarta wisata ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan domestik maupun asing.

Telaga ini Terbentuk secara tidak sengaja Karena Pegunungan batu kapur yang ditambang oleh masyarakat sekitar.

meninggalkan lubang-lubang besar. Air hujan yang memenuhi lubang-lubang tersebut merubah wujud bekas tambang menjadi telaga yang cantik dengan warna air biru kehijauan.

Jika Anda berkunjung di Weekend maka akan terlihat puluhan bahkan ratusan pengunjung menyerbu tempat ini.

Mulai dari selfie, menikmati indahnya genangan air raksasa, hingga berburu spot prewedding dilakukan oleh para pengunjung.

Ada 3 lubang besar yang akhirnya membentuk 3 telaga dengan kedalaman yang berbeda sehingga memunculkan bias warna yang berbeda membuat telaga ini seperti Danau 3 Warna.

Bahkan ada juga yang menyebut mirip Raja Ampatnya Jogja karena kontur tanah yang berbukit-bukit diantara telaga.

Udara yang sejuk, warna biru kehijauan dari air dan area persawahan juga lekuk-lekuk jalan dijamin bisa membuat anda betah untuk berlama-lama disini.

Jadi Bagaimana travelers? tertarik berkunjung kesini??

Baca Juga : Wisata Jogja 2021

2. Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Cave Tubing kalisuci wisata jogja gunung kidul 2021
Cave Tubing kalisuci

Gunung kidul menyimpan banyak sekali wisata alam yang indah. Salah satunya Goa Kalisuci ini.

Goa Kalisuci ini merupakan Wisata Goa Kars yang memiliki sungai di bawah tanah. Goa Kalisuci atau Cave tubing kalisuci ini terletak 10 kilometer dari Kota Wonosari atau 60 Kilometer dari Kota Jogja.

1.5 hingga 2 Jam yang dibutuhkan dari Kota Yogyakarta tepatnya di desa Pacarejo, Semanu, Kab. Gunung Kidul Yogyakarta.(Maps)

Disebut Kalisuci karena terdapat mata air yang sangat bersih, terletak di sebelah atas aliran sungai.

Masyarakat sekitar memanfaatkan air ini untuk menenuhi kebutuhan air sehari-hari. Masyarakat bisa langsung menikmati Air dari aliran sungai ini oleh tanpa takut terkena penyakit karena sumber air ini belum tercemar limbah apapun.

Nikmati sensasi menjelajahi sungai secara langsung. Dengan menggunakan pelampung serta dipandu oleh seorang tour guide lokal goa kalisuci, sudah cukup aman bagi pemula untuk merasakan arus jeram.

Stalagtit dan stalagmit di dalam goa yang terlihat menawan, serta suara cicitan kalelawar akan menambah kesan eksotis wisata jogja disini.

3. Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Air Terjun Sri Gethuk
Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Gunung kidul biasanya akan mudah dikenal karena keindahan pantainya, meskipun pada kenyataanya tidak hanya ada pantai yang bisa memanjakan mata Anda. Di tempat ini misalnya, Salah satu wisata Air terjun yang sangat populer di jogja.

Air disini selalu mengalir deras musim di musim kemarau.

Terletak di Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Maps)

saat yang tepat mengunjungi ke tempat ini adalah di musim kemarau, karena aliran sungai oyo di bawah terlihat hijau kebiruan ini menandakan kedalamanya. Kedalaman air 5 meter ini bisa meningkat di musim penghujan.

Jadi harus berhati-hati ya!.

Bagi anda yang ingin menikmati wisata jogja disini, tapi tidak bisa berenang jangan takut, karena pihak pengelola menyediakan jasa persewaan pelampung.

Deretan warung makan di tempat ini juga menyediakan makanan khas gunung kidul seperti gatot dan nasi tiwul.

4. Green Vilage Gedangsari

Green Vilage Gedangsari
Green Vilage Gedangsari

Sebagai salah satu wisata di jogja yang terletak di ketinggian Gunung Kidul mata kita akan melihat panorama alam yang indah dan menyegarkan mata.

Perbukitan hijau nan eksotis konon mirip seperti perbukitan di New Zealand.

Jika Anda ingin melihat sunset, disini adalah tempat yang tepat. Tidak sedikit pengunjung yang datang kesini hanya untuk berselfie ria dan ada juga yang memanfaatkan untuk foto prewedding atau foto landscape.

Di malam hari, kita bisa melihat kerlap kerlip lampu rumah warga yang ada di bawahnya. Jika membawa pasangan, hal ini tentu akan memberikan kesan yang romantis.

Berlokasi di Guyangan Lor, Mertelu, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863, Tempat ini siap untuk menjadi salah satu tujuan wisata anda di Jogja.

Baca Juga : Wisata Jogja dekat malioboro

5. Pantai Timang Gunung Kidul

Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta

Terletak di Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, dengan akses jalan menuju lokasi sangat menantang adrenalin. Jalan berbatu yang terjal, tidak hanya itu batuan yang ada disana merupakan pecahan karang yang tajam. Hal ini menyebabkan pengunjung di pantai Timang tidak sebanyak di pantai lainya.

Pantai Timang memiliki sebuah pulau kecil yang sebenarnya lebih mirip dengan bongkahan karang yang mempunyai tebing yang terjal dan curam.

Jika Anda ingin menuju Pulai Timang harus menyebrang menggunakan Gondola tradisional

Gondola Tersebut membutuhkan bantuan tenaga manusia agar gondola bisa bergerak menuju pulau.

Dibutuhkan keberanian dan nyali yang besar untuk bisa menyebrangi pantai menuju Pulau Timang.

Dengan Menempuh jarak kurang lebih 100 meter dengan ketinggian 9-11 meter

dan juga ditemani deburan ombak yang cukup kencang hingga akhirnya sampai di Pulau timang.

Kerasnya perjuangan akan terbayar ketika Anda telah sampai di Pulau timang. Tempat terbaik untuk mencari hasil laut terutama lobster.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Nyali Anda akan mengalahkan rasa takut menyebrangi pantai menuju Pulau Timang? Buktikan saja !

6. Penutup

beribu Misteri keindahan alam di Gunung kidul Jogja yang belum kita kupas dan telusuri.

Jangan berhenti untuk terus mengeksplore keindahan alam di gunung kidul. Pastikan salah satunya bisa menjadi tujuan wisata kamu.

Baca Juga : Wisata Jogja 2021