fbpx
Wisata Gembira di Kebun Binatang Gembira Loka

Wisata Gembira di Kebun Binatang Gembira Loka

Salah satu wisata keluarga yang ramah anak-anak adalah kebun binatang. Jogja mempunyai Gembira loka yang sangat pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada apa saja di dalam sana?? simak artikel ini sampai habis ya! Jangan lupa baca juga”Desa Wisata Pulesari, Masyarakat Desa Kreatif Jogja“.

Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka

Lokasi & Jam Buka

Berlokasi di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171(maps). Buka dari jam 08.30 – 17.00 WIB.

Baca Juga “Berburu Spot Foto Yang Instagramable di Hutan Pinus Pengger”

Harga Tiket Masuk Gembira Loka

  • Hari Biasa Senin-Jum’at Rp. 30.000
  • Hari sabtu, minggu atau hari libur nasional Rp. 35.000
  • Lebaran Rp. 40.000
  • Gratis untuk anak usia di bawah 3 tahun

Baca Juga “Pantai Glagah”

Sejarah

Atas ide Sri Sultan hameng kubuwono VIII pada tahun 1933 maka dibangunlah kebun raya dan kebun binatang Gembira loka ini. Salah satu tujuan beliau karena menginginkan ada tempat hiburan Jogja yang bisa menghibur masyarakat.

Nama awalnya adalah Kebun Rojo. Pembangunan berlanjut pada masa Sultan Hamengku Buwono IX yang dibantu oleh Ir. Kartsen arsitek ternama Belanda. Pembangunan sempat tertunda akibat Perang Dunia II dan kedatangan Penjajah Jepang.

Setelah kemerdekaan dan terpilihnya Yogyakarta sebagai ibukota Indonesia sempat tercetus. Akan tetapi baru terealisasi pada 1949 setelah usai Perang dunia II dan Ibukota kembali ke Jakarta.

Baca Juga “Pantai Ngobaran, Perpaduan keindahan alam & Budaya”

Sesuai akta notaris RM. Wiranto No. 11 Tanggal 10 September 1953 yang dipimpin oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII menjadi awal berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta.

Pada 1959 akhirnya Sri Paduka KGPAA Paku Alam VII memutuskan lengser dan menunjuk Tirtiwinoto melanjutkan proses pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka.

Pada 1978 akhirnya Kebun Binatang ini memiliki koleksi satwa lengkap dan menjadi salah satu hiburan bagi masyarakat Jogja.

Baca Juga “7 Fakta Museum Ullen Sentalu”

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia sudah komplit diantaranya sebagai berikut :

  • Toilet
  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Wahana permainan

Salah satu wahana permainan yang bisa kamu nikmati adalah perahu Katamaram yang bisa membawa kamu berkeliling danau buatan yang berukuran besar. Untuk naik perahu ini kamu hanya cukup membayar 10.000 rupiah saja.

Kamu juga bisa berkeliling area Mayang Tirta yang berbentuk seperti kapal pesiar. Ini adalah salah satu panggung hiburan & pertunjukan.

Baca Juga “Wisata jogja Kaliurang yang instagramable”

Ada juga Speed boat dengan kapasitas 4 orang termasuk pemandu yang bisa kamu coba dengan membayar 20.000 rupiah.

Kamu juga bisa mencoba Bumper Boat, wahana sejenis kapal yang berisi 2 orang. Yang ini lebih cocok kalau kamu menikmati bersama pasangan karena lebih santai dari pada speed boat. Untuk Biaya juga 20.000 Rupiah.

Masih banyak lagi wahana yang bisa kamu nikmati seperti skuter air, Banana Boat atau Banana Orca Boat, Perahu kayuh dengan bentuk angsa, terapi ikan, dan masih banyak lagi yang bisa kamu coba.

Baca Juga “Stonehenge Cangkringan”

Atraksi satwa

Beragam satwa bisa kamu temukan. Akan ada pertunjukan untuk beberapa satwa tertentu yaitu atraksi reptil seperti buata-buaya kecil dan ular piton. Ada juga beraneka jenis kura-kura, iguana kamu bisa berfoto bersama mereka.

Pada jam-jam tertentu kamu bisa melihat para pawang memberi makan pada harimau, arapaima, ular dan pucuk hitam. Untuk yang ini kamu tidak boleh mendekat, hanya bisa melihat dari jauh saja mengingat mereka adalah binatang buas.

Baca Juga “Menikmati keindahan Bukit Klangon”

Rute menuju Lokasi

Kamu bisa mengunjungi tempat ini baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Untuk transportasi umum, kamu bisa menggunakan trans Jogja yang berangkat dari terminal Giwangan menuju halte depan Gembira Loka. Waktu tempuh hanya 20 menit saja.

Sedangkan untuk kendaraan pribadi bisa mengikuti arahan dari maps saja.

Baca Juga “Puncak Kosakora, Menikmati keindahan garis pantai dari puncak”