fbpx
Stonehenge Cangkringan, Nuansa Eropa di Jogja

Stonehenge Cangkringan, Nuansa Eropa di Jogja

Kota Jogja seperti tidak pernah lelah menunjukkan existensinya tentang dunia wisata. Stonehenge Cangkringan adalah sebuah wisata yang berada di kaki gunung merapi. Tepatnya berada di Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta(maps).

Bukan pantai dan bukan pula candi. Tempat wisata yang satu ini sangat unik yaitu berupa batu-batu raksasa yang tersusun sedemikian rupa seperti kerangka pintu raksasa. Seperti apa keindahanya, Simak artikel ini sampai selesai ya! Jangan lupa juga baca “Wisata Jogja Kaliurang yang instagramable“.

Keindahan Stonehenge Cangkringan di kaki gunung Semeru
Keindahan Stonehenge Cangkringan di kaki gunung Semeru

Jam Operasional

Kalau kamu datang ke stonehenge sebaiknya jangan pada musim penghujan, karena keindahanya akan tidak maksimal. Datanglah saat cuaca cerah. semakin cerah semakin bagus karena saat kamu mengambil objek foto akan terlihat latar gunung merapi yang gagah dan mempesona. Buka dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Kamu bisa memuaskan diri untuk berswafoto sebanyak-banyaknya.

Baca Juga “7 Fakta Museum Ullen Sentalu”

Pengunjung berswafoto dengan bebas
Pengunjung berswafoto dengan bebas

Stonehenge Cangkringan Replika yang ada di Inggris

Stonehenge Merupakan  suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Ia terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Sebagai salah satu situs yang paling terkenal di dunia, Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah.

Baca Juga “Pantai glagah”

Bagaimana dengan yang ada di Cangkringan Jogjakarta?? tentu saja itu hanya replika atau buatan. Konon katanya batuan yang digunakan berasal dari bebatuan erupsi gunung merapi 2010 silam.

Meskipun hanya replika, daya tariknya tidak kalah dengan yang ada di Britania Inggris. Banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ketempat ini.

Baca Juga “Pantai Ngobaran-Perpaduan keindahan alam & Budaya”

stonehenge berbentuk melingkar
stonehenge berbentuk melingkar

Harga Tiket & Fasilitas

Untuk bisa menikmati keindahan stonehenge cangkringan ini hanya cukup dengan 10.000 rupiah saja. Kamu bisa berpuas diri mengambil foto dari berbagai sisi dengan latar stonehenge dan gunung merapi.

Tempat ini juga menyediakan lahan parkir yang memadai juga toilet. Selain itu dekat dengan beberapa lokasi wisata seperti “The Lost Word Castle

Rute Menuju Lokasi

Stonehengen Jogja berlokasi di Stonehenge, Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan yang dilalui dari pusat Kota Jogja cukup mudah. Kamu hanya perlu mengambil arah ke Jl. Kaliurang. Sesampainya di pertigaan kamu bisa mengambil arah ke Kaliadem/ Cangkringan kemudian belok ke kanan.

Ketika ada pertigaan lagi untuk mengarah ke Merapi Gold atau The Lost World Castle, kamu bisa bertanya ke lingkungan sekitar karena Stonehenge ini lokasinya berdekatan dengan The Lost World Castle. Apabila kamu masih bingung, kamu bisa menggunakan google maps untuk lebih jelasnya.

Baca Juga “Keindahan cahaya sunset di Parangtritis”