fbpx
Keindahan Cahaya Sunset Pantai Parangtritis

Keindahan Cahaya Sunset Pantai Parangtritis

Berdiri memandang langit senja di pantai parangtritis merupakan hal yang tak mungkin kulupakan. Bahkan 1 bulan kemudian aku mengunjungi pantai ini kembali.

bagi sebagian orang pantai parangtritis merupakan pantai yang penuh misteri. namun tidak bagiku,pantai ini memiliki daya tarik tersendiri.

pengen tau seperti apa daya tarik Pantai Parangtritis ??? Yuk baca kelanjutan ceritanya.


Bagikan Juga Artikel ini ya..


1. Perjalanan Menuju Pantai Parangtritis


Pantai parangtritis terletak di Desa Parangtritis,Ā Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


memulai perjalanan dari jl. Imogiri Barat menuju pantai parangtritis memakan waktu sekitar 40-50 menit, namun bagiku ini adalah perjalanan yang sangat menyenangkan.

Dengan mengendarai motor kesayanganku, dan berbekal beberapa cemilan untuk mengisi perut selama diperjalanan tak lupa sudah kusiapkan, begitu juga kamera untuk mengabadikan keindahan sunset di parangtritis.

Saat lepas dari jalan perkotaan, disanalah mulai terasa suasana yang berbeda, yaitu jauh dari penat nya kota dan yang tampak hanyalah hijaunya padang sawah, anak kecil berlarian sambil bermain layang layang, pepohonan yang menjulang meneduhkan kehidupan dibawahnya di tambah terpaan angin sejuk dan gemerisik gesekan daun daun kering yang menambah kenyamanan.

Selain itu, terlihat juga beberapa aliran sungai yang menyejukkan mata dan beberapa pemancing yang tak lelah menunggu ikan buruannya menyambar kail.

Beberapa kali aku menghentikan perjalanan untuk menikmati pemandangan sambil makan cemilan di pinggir jalan. hal ini sering aku lakukan saat berkendara kemanapun, khususnya untuk jarak yang cukup jauh. selain untuk mengistirahatkan otot kepala yang tegang selama berkendara, hal ini juga aku lakukan untuk merekam nuansa yang jarang aku rasakan di kota.

2. Sampai di Parangtritis, Bayar Tiket Masuk

Benar juga, 55 Menit melakukan perjalanan santai aku memasuki pintu masuk pantai parangtritis. kulihat tak terlalu ramai pengunjung, mungkin karena hari ini hari aktif kerja dimana sebagian orang saat ini sedang sibuk dengan perkerjaan atau urusannya.

Pintu Masuk Pantai Parangtritis

aku menyodorkan uang 10.000 rupiah untuk membayar tiket masuk kepada penjaga loket, Cukup Murah. kemudian, kulanjutkan berjalan untuk mencari tempat istirahat sambil ngopi terlebih dahulu.

di pantai ini terdapat deretan aneka warung yang bisa kalian kunjungi. jualannya juga macam macam mulai makan berat seperti nasi campur, nasi goreng, dll. sampai makanan & Minuman ringan seperti mie, es degan, kopi, Jus Buah dll. Harganya pun sangat terjangkau.

3. Spot Foto Sunset di Pantai Parangtritis

Sebenarnya ada banyak sekali spot foto keren yang ada di pantai parangtritis. namun, ada beberapa spot spot khusus yang sangat aku sukai di pantai ini.

Faktanya, Aku tak pandai memotret, hanya saja aku menyukai prosesnya dimana aku harus menunggu moment untuk mendapatkan perspektif yang terbaik.

aku mulai berjalan, menyusuri pantai yang berpasir hitam, eksotis “batinku”. terlihat juga delman berlalu lalang mencari pelanggan yang mau menyewa dan menaiki delman tersebut..

untuk bisa menaiki delman kamu cukup membayar Rp.35.000 per sekali putaran di kawasan pantai parang tritis, dan untuk mengelilingi kawasan pantai menggunakan delman biasanya menghabiskan waktu sekitar 15 menitan.

Senja pun mulai menyelimuti dan inilah waktunya untuk berburu foto keren di parangtritis saat sunset.

4. Fasilitas Pantai Parangtritis

Saat di parangtritis aku tak khawatir dengan fasilitasnya, hal ini disebabkan karena banyaknya pengunjung yang berdatangan tiap tahun. sehingga, menjadikan pantai ini semakin giat melengkapi fasilitas umumnya.

Fasilitas tersebut antar lain :

  • Parkir
  • Cafetaria
  • Toilet
  • Motor ATV, Kuda, dan Delman untuk berkeliling PantaiĀ Parangtritis
  • Gazebo Pantai.
  • Toko Souvenir dan Baju.
  • Mushola.
  • Penginapan / Hotel.

5. Saran & Tips Berkunjung ke Pantai Parangtritis

A. Bagi kalian yang menyukai perjalanan menggunakan motor pastikan selalu waspada dan hati hati selama di perjalanan, begitu juga jangan pernah lupa untuk membawa jas hujan ya.

B. Pantai parang tritis menurut saya adalah pantai yang hawanya cukup panas menyengat, Karena itu usahakan untuk menggunakan lotion tabir surya ya. agar saat pulang orang rumah tidak pangling.

C. Siapkan uang cash, karena didaerah pantai parangtritis tidak ada ATM atau Anjungan Tunai Mandiri.

D. Selalu Berhati hati saat berada di pantai, khususnya anak anak, karena pantai ini cukup ramai dan banyak pengguna ATV atau delman berlalu lalang, Begitu Juga Ombak dipantai ini sering menelan korban.

E. Bagi kalian yang tinggal di Jogja sekarang sudah ada Layanan Ojek online JogjaKita yang bisa mengantarkan kalian kemana saja termasuk ke tempat wisata yang kamu inginkan. Buruan Download Aplikasinya di Play Store.