fbpx
Gumuk Pasir Parangkusumo – Sahara Mininya Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo – Sahara Mininya Jogja

Kota Jogja tidak hanya terkenal dengan Wisata belanja, Candi dan lautnya saja. Kota ini menyimpan keunikan tersendiri dengan memiliki Gurun sahara versi Mini yang terkenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Kalau ingin tau seperti apa gambaran berada di gurun sahara, tidak perlu jauh-jauh ke Afrika. Cukup datang saja ke Jl. Pantai Parangkusumo Pantai Parangtritis Kec. Kretek Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta(maps) karena kamu bisa melihat keindahan miniatur sahara.

Baca Juga “99 Wisata Jogja yang wajib kamu kunjungi”

Keindahan Gurun Pasir Parangkusumo terlihat seperti gurun sahara
Keindahan Gurun Pasir Parangkusumo terlihat seperti gurun sahara

Sebelum kamu datang langsung kesana, pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis ya!. Jangan lupa untuk baca juga “Wisata alam Jogja 2021 paling seru “.

Aktivitas seru di gumuk pasir parangkusumo

Salah satu hal seru yang bisa kamu lakukan adalah sandboarding, yaitu meluncur diatas hamparan pasir dengan menggunakan papan. Hal itu tentu akan membuat liburan kamu lebih seru dan menyenangkan.

Kamu bisa menyewa perlengkapan dengan harga 100.000 rupiah sudah lengkap dengan papan, helm, dan pelindung lutut dan siku.

Baca Juga “Berburu sunset di Candi Ijo”

Tempat ini juga menyediakan spot-spot yang instagramable untuk kamu menambah koleksi foto. Selain gundukan pasir yang eksotis, juga ada ayunan, pepohonan kaktus, taman bunga yang cantik dan masih banyak lagi beberapa spot lainya.

Semakin sore, suasana akan semakin indah dengan munculnya sunset di barat gundukan pasir sahara mininya Jogja ini. Tidak sedikit pengunjung yang rela menunggu hingga senja tiba hanya untuk menunggu momen yang indah untuk menambah koleksi fotonya.

Baca Juga “Tebing Breksi, Bekas tambang yang disulap menjadi tempat wisata”

Sunset di sahara mininya Jogja
Sunset di sahara mininya Jogja

Setelah bosan bermain dengan pasir, kamu bisa bergeser untuk menikmati keindahan pantai. Ada 3 pantai dengan garis yang sama yang bisa kamu datangi yaitu pantai parangtritis, pantai parangkusumo, dan pantai cemara sewu.

Dari ketiga pantai tersebut yang paling dekat dengan gumuk pasir adalah pantai parangkusumo. Deburan ombaknya akan menenangkan pikiran kamu. Tidak percaya? coba saja!

Baca Juga “Wisata Jogja diatas awan: Bukit panguk kediwung”

Fasilitas

Fasilitas di tempat ini sudah cukup memadai karena sudah ada warung makan, toilet, dan juga tempat parkir. Jadi kita bisa menikmati suasana liburan dengan tenang pastinya.

Berikut daftar harga masuk dan sewa perlengkapan di gumuk pasir parangkusumo :

daftar harga tiket masuk dan sewa perlengkapan
daftar harga tiket masuk dan sewa perlengkapan

Baca Juga “Borobudur”

Rute Perjalanan

Senja di Gumuk Pasir
  • Kendaraan pribadi: melajulah hingga ke Jalan Parangtritis menuju ke arah selatan. Kalau sudah melewati Jalan Parangtritis, berarti tinggal mengikuti jalan yang ada hingga menemui jembatan panjang. Sebelum pos retribusi, belok ke kanan dan kamu akan menemukan papan nama Gumuk Pasir Parangkusumo. Waktu tempuh dari Yogyakarta ke tempat ini sekitar satu jam.
  • Kendaraan umum: dari Terminal Giwangan, naiklah bus dengan jurusan Parangtritis. Bus akan menurunkan di Terminal Parangtritis, tapi kamu bisa minta diturunkan langsung di dekat Gumuk Pasir Parangkusumo. Harga naik bus sekitar Rp20 ribu.

Baca Juga “Pantai Baron”

Tips Mengunjungi Sahara Mininya Jogja

  • Gunakan pakaian yang ringan dan nyaman juga mudah menyerap keringat.
  • Gunakan topi atau payung untuk berjaga-jaga karena panas yang menyengat
  • Bawa selalu air mineral untuk menjaga agar kamu tidak dehidrasi saat bermain disana.
  • Selalu jaga kebersihan lokasi gumuk pasir parangkusumo. Jangan membuang bekas plastik atau botol air mineral ke sembarang tempat. kumpulkan terlebih dahulu sampah yang kamu punya dan buanglah saat menemukan tempat sampah.

Baca Juga “Keindahan sunset di parangtritis”

Nah, sekarang kamu harus langsung mencoba untuk berkunjung dan menikmati pemandangan disana ya!. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk menyiapkan perjalanan kamu. Happy travelling guest..

Baca Juga “Segarkan mata di green vilage gedangsari”