fbpx
Borobudur – Menyelami Dunia Kuno Jawa

Borobudur – Menyelami Dunia Kuno Jawa

Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. (0293) 788266


Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia dan menjadi satu satunya candi budha terbesar di dunia. Kini Candi Borobudur telah menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya. Dapatkan sejarah, fakta menari serta galery lengkap candi borobudur.

Bagikan di :


Terlihat beberapa supir bis, travel, yang sedang melepas lelah di bawah pepohonan dekat parkiran kendaraan. Kusapa ramah dan mereka pun membalas sapaanku dengan melambaikan tangan, padahal kami saling tak kenal.

Namun, Itulah kebiasaan kami di tanah jawa. Saling menyapa dan menghormati yang lebih tua. Faktanya, Hal ini tak lepas dari didikan orang orang terdahulu pada masa masa kerajaan yang sangat memahami etika, serta norma dalam berkehidupan sosial.

Sejarah Borobudur

membahas mengenai Masa-masa Kerajaan, Candi Borobudur merupakan candi yang didirikan pada dinasti sailendra antara 780-840 Masehi. Dinasti sailendra dapat membangun Candi ini pada saat itu karena memiliki kekuasaan yang cukup kuat.

selanjutnya, Bangunan candi borobudur digunakan untuk tempat pemujaan Budha dan tempat ziarah dengan harapan agar manusia menghindar dari nafsu dunia dan menuju cahanyanya budha.

Candi Borobudur view

Faktanya, dari beberapa bukti bukti sejarah, Candi Borobudur mulai ditinggalkan sejak abad ke-14. terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut antara lain : seiring menguatnya pengaruh Islam dan melemahnya pengaruh kerajaan hindu dan budha di jawa.

Waktu demi waktu pun terlewati, Dunia mulai mengetahui dan menyadari keberadaan bangunan ini pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffless. yang saat itu menjabat sebagai gubernur jenderal inggris atas tanah jawa. dan Sejak saat itu brodubudur mulai mengalami pemugaran sebagai upaya penyelamatan bangunan.

candi borobudur 2021

Relief dan Seni Arsitektur Borobudur

Relief yang terdapat pada kaki Candi Borobudur yang di ambil dari Kitab Karmawibhangga sedikit nya berjumlah 160 panil. Dari ke- 160 panil tersebut tidak lah menceritakan cerita yang urut atau berurutan.

Terdiri dari 117 panil yang menggambarkan cerita yang berurutan atau memperlihatkan suatu keadaan yang urut mengenai keadaan yang di timbulkan akibat berbagai jenis perbuatan manusia.

Dan 43 lainnya adalah memperlihatkan berbagai macam kehidupan manusia akibat dari suatu perbuatan. Pada tahun 1885 Relief Karmawibhangga ini baru di ketahui dan di temukan oleh Ijzerman.

Sekitar pada tahun 1891, kasihan chepas membuat foto-foto dengan cara membuat dan membuka batu-batu penutup kaki bangunan candi.

Namun di karenakan banyak faktor di belakang nya, dan dapat membahyakan bangunan candi maka kaki candi tersebut di tutup kembali dengan hanya menyisakan beberapa relief candi candi Borobudur di sudut tenggara.

Tujuan dari penutupan ini adalah untuk mengurangi dan rasa penasaran dan rasa ingin tahu pengunjung candi saat berkunjung ke Candi Borobudur ini. Bagian lain dari sepuluh deretan relief cerita lainnya, terdapat pada bagian tubuh candi atau pada bagian Ruphadatu.

Relief-relief yang terdapat di Candi Borobudur ini di pahat pada dinding candi dan berbagai deretan pagar pada setiap tingkatnya.Pada Tingkat pertama ini terdapat 4 deret relief Candi Borobudur, sedangkan pada tingkat berikutnya atau tiga tingkat berikutnya masing-masing terdapat 2 deret relief.

Salah satunya adalah deret pada pagar langkan yang menceritakan Sang Budha sebelum di lahirkan sebagai Sidharta, pernah di lahirkan sebagai Kelinci.

Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran.

Dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

1. Zona Kamadhatu

Artinya Alam Dunia yang terlihat dan sedang di alami atau dilalui oleh manusa saat ini
Terdiri dari 160 Relief bertemakan Karmawibhangga Sutra, atau hukum sebab akibat

2. Zona Rupadhatu

Artinya Alam Peralihan, Dimana manusia telah di bebaskan atau di lepaskan dari urusan dunia. Terdiri dari 328 relief dan patung buddha.

3. Zona Arupadhatu

Artinya Alam Tertinggi, Rumah Tuhan.

Tiga serambi berbentuk lingkaran mengarah ke kubah di bagian pusat atau stupa yang menggambarkan kebangkitan dari dunia. Pada bagian ini tidak ada ornamen maupun hiasan, yang berarti menggambarkan kemurnian tertinggi.

Serambi pada bagian ini terdiri dari stupa berbentuk lingkaran yang berlubang, lonceng terbalik, berisi patung Buddha yang mengarah ke bagian luar candi. Terdapat 72 stupa secara keseluruhan. Stupa terbesar yang berada di tengah tidak setinggi versi aslinya yang memiliki tinggi 42m diatas tanah dengan diameter 9.9m.

Berbeda dengan stupa yang mengelilinginya, stupa pusat kosong dan menimbulkan perdebatan bahwa sebenarnya terdapat isi namun juga ada yang berpendapat bahwa stupa tersebut memang kosong.

4. Bagan Relief Borobudur

bagan relief candi borobudur

5. Arca Borobudur

Candi Borobudur 1

Faktu Unik Candi Borobudur

  1. Menyandang Gelar sebagai bangunan yang memiliki relief budah terbanyak dan terlengkap di seluruh dunia
  2. Pengeboman candi setelah pemugaran ke 2 yaitu 21 januari 1985 terhitung 13 bom di pasang di stupa stupa kecil
  3. Aksi Pencurian arca yang kerap terjadi yang kemudian pelaku menjual ke pasar barang antik, ataupun pasar ilegal.terhitung 504 arca Buddha ditemukan dengan kondisi tanpa kepala
  4. Pemerintah Hindia Belanda Pernah mendirikan Warung kopi di Puncak Stupa saat pertama kali ditemukan