fbpx
Pantai Baron, Keunikanya menjadi daya tarik tersendiri

Pantai Baron, Keunikanya menjadi daya tarik tersendiri

Gunung kidul memiliki banyak keindahan, salah satunya jajaran pantai-pantainya yang indah. Pantai Baron adalah salah satu dari beberapa pantai yang ada di wilayah gunung kidul. Menikmati sejuknya udara pantai dan bentangan air biru nan cantik tentunya akan membuat kita merasa relax dan fresh ya sobat traveler.

Seperti apa keindahan pesona Pantai Baron? simak sampai habis artikel ini ya! Jangan lupa baca juga “Wisata Pantai Jogja yang wajib dikunjungi“.

Bentang alam Pantai baron
Bentang alam Pantai baron

Objek Wisata Pantai Baron

Karakteristik pasir di pantai Baron ini cenderung coklat kehitaman seperti halnya di parangtritis. Meskipun dalam posisi teluk, ombak disini cukup besar. Salah satu yang unik dari pantai ini adalah keberadaan sumber air asin dan tawar dari sungai yang ada di pantai.

Sekilas air laut terlihat mengalir deras ke arah laut, akan tetapi yang mengejutkan adalah rasa airnya tawar bukan asin. Masih ada keunikan lainya dari pantai ini yaitu, setiap 5 tahun sekali arah arus air laut di pantai berubah arah dari arah timur kemudian baru mengalir ke bermuara ke laut.

Baca Juga”Menapaki pasir putih pantai Indrayanti”

Kamu bisa berenang di pantai ini. Akan tetapi kalau kamu tidak cukup memiliki keberanian, kamu bisa bermain-main di sungai bawah tanah. Mengingat ombak besar khas pantai selatan, pengunjung harus mematuhi untuk berenang tidak melebihi batas yang ditentukan oleh pihak pengelola.

Pesona pantai akan semakin tampak indah jika kamu naik ke tebing di sebelah timur. Kamu dapat melihat keindahan seluruh pantai dari atas tebing. Terdapat mercusuar yang berfungsi sebagai navigasi kapal laut.

Baca Juga “Pantai Sadranan, Kecantikan alami pantai Jogja”

Mercusuar juga menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berswafoto. Hal ini karena dari atas mercusuar pemandangan akan sangat indah.

Tidak hanya tebing sebelah timur saja yang layak jadi perhatian. Karena di sebelah barat juga ada yang lebih menarik lagi yaitu Baron Techno Park yang merupakan pembangkit listrik dengan tenaga alam.

Agar bisa sampai ke pembangkit tenaga listrik Baron Techno Park, kamu bisa melalui jalur sebelum pos retribusi kawasan pantai, dari area itulah ada jalan pertigaan jalur menanjak, ikuti jalur itu maka akan sampai ke lokasi pembangkit listrik.

Baca Juga “Pantai Wohkudo”

Baron Techno Park

Kalau ke pantai baron tidak perlu takut susah cari makan, karena Pantai ini memiliki banyak sekali warung kuliner dengan berbagai macam olahan hasil laut seperti ikan, udang, lobster dan juga kepiting. Hidangan disini tentunya kaya gizi ya. Jadi kamu wajib untuk mencobanya.

Baca Juga ” Wisata Waterpark Jogja”

Lokasi & Rute

Berada di Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps). Ada beberapa rute untuk bisa menuju kesana jika ANda berasal dari yogyakarta Yaitu :

Melalui Piyungan
Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Bundaran Tugu BPD, Jl.Lingkar Selatan-Jl. Girisubo-Wonosari- Jl. Saptosari-Tepus-Pantai Baron

Melalui Imogiri
Panggang-Jl.Saptosari-Tepus-Ikuti arah ke Pantai Baron

Jika Anda berasal dari luar kota, Anda bisa menuju ke arah terminal giwangan, dari perempatan ambil arah selatan menuju Imogiri. Dari sana akan terlihat petunjuk jalan untuk mengarah ke gunung kidul. Ikuti kemana arah pantai Baron

Baca Juga “101 wisata Jogja yang wajib dikunjungi”

Bagaimana dengan kamu?? Kamu juga harus mampir kesini ya! oiya.. masih di sini juga ada penginapan yang bisa kamu sewa agar lebih puas menikmati keindahan pantai baron.