fbpx
Menapaki pasir putih di Pantai Indrayanti

Menapaki pasir putih di Pantai Indrayanti

Jogja adalah kota yang sarat dengan berbagai keindahan. Wisata Pantai Jogja salah satunya yang saat ini banyak menarik para wisatawan. Pantai Indrayanti salah satu yang menyimpan kemegahan karya Tuhan.

Terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta(maps). Karena tidak ada batasan jam berkunjung atau buka selama 24 jam, membuat pengunjung lebih leuasa untuk melakukan banyak aktivitas.

Apa saja yang bisa kita lakukan dengan karya semesta ini? mari simak sampai habis artikel ini ya. Jangan lupa simak juga “99 Wisata Jogja yang wajib dikunjungi“.

Pantai indrayanti dengan hamparan pasir putihnya
Pantai indrayanti dengan hamparan pasir putihnya

Asal usul Nama Pantai Indrayanti

Pemerintah sebenarnya memberi nama tempat ini Pantai Pulang Sawal. Pada awalnya merujuk pada upaya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Pada awal kemunculanya, sangat disayangkan karena pantai tersebut nyaris tidak terjamah wisatawan juga campur tangan pemerintah. Yang terlihat hanya banyaknya semak belukar dan tanaman pandan laut yang menutupi keindahan pantai ini. Masyarakat pun memanfaatkannya untuk pakan ternak.

Tahun 2009, pihak swasta mendirikan kafe & resto di tempat ini. Cafe & Resto ini dengan nama Indrayanti. Siapa mengira kalau sejak dibukanya cafe & resto tersebut mulai banyak wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Sehingga secara tidak langsung akan membuka jalan bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Semakin banyak tempat makan yang buka, penginapan, dan berbagai fasilitas lainya mulai dilengkapi oleh penduduk sekitar.

Dalam pengelolaan pengembangan pantai ini tidak berjalan mulus. Sempat menuai kontroversi antara pihak swasta dengan pemerintah daerah. Pemerintah menilai pengelolaan tidak sesuai dengan kaidah perundang-undangan yang berlaku di DIY.

Pemerintah menduga kalau pihak swasta membeli hak pakai yang sebelumnya milik masyarakat setempat. Mengingat daerah tersebut termasuk kawasan Sultan Ground atau wilayah milik kesultanan Yogyakarta, sehingga pihak swasta dipandang menyalahi aturan yang berlaku.

Sempat harus tutup sementara, hingga pada tahun 2014 pantai indrayanti terbuka untuk umum dan bahkan ada promosi besar-besaran setelah adanya kesepakatan dengan pihak pemerintah.

Baca Juga “Wisata Pantai di Jogja

Eksplorasi Pantai Indrayanti

Menikmati panorama pantai

Pantai selalu bisa melebur semua penat dari semua hiruk pikuk kesibukan kita. Sama halnya di pantai pulang sawal ini, sekedar duduk di bawah payung atau menatap deburan ombak dari gazebo sudah pasti akan melebur segala kepenatan.

Baca juga ” Wisata Gunung di Jogja

Menikmati Pemandangan Laut Lepas Dari atas Tebing

Memandang lautan lepas dari atas tebing di sisi barat Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Achmad Idros

Kalau di bawah kamu bisa melihat arus air yang relatif lebih tenang dan bermain-main dengan ombak kecilnya. Dari atas tebing kamu bisa melihat pemandangan laut lepas dengan hempasan ombak yang keras. Batas cakrawala antara laut dan langit pun terlihat sangat menawan.

Baca Juga “Cave Tubing kalisuci

Bermain Batu karang

Kamu bisa berswafoto diantara batu karang pantai indrayanti. Kontur yang landai membuat banyak ikan-ikan berenang di antara batu karang. Jadi selain menikmati bermain-main diantara batu karangnya, kamu juga bisa berlomba dengan teman-teman mau menangkap ikan. Kira-kira siapa yang akan beruntung ya?

Menikmati Malam di Pantai Indrayanti

Salah satu fasilitas di pantai ini adalah sudah tersedianya penginapan. Dengan harga yang bervariatif, mulai dari 100.000 hingga 2 juta per malamnya. melihat sunset, sunrise, dan menikmati malam bertabur bintang di pantai rasanya sangat romantis jika dilakukan bersama orang-orang terkasih.

Bermain Jetsky di Pantai

Pantai ini menyediakan persewaan Jetsky bagi kamu yang ingin mencoba berkeliling pantai. Dengan harga sewa Rp. 250.000 per 15 menitnya. Jadi lebih menantang dan tidak monoton kan liburan kamu?

Kalau seperti ini rasanya tidak jauh berbeda dengan suasana bali dan lombok ya sobat travellers.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan wisata pantai Indrayanti, kamu cukup membayar biaya masuk sebesar 10.000 rupiah saja. Kalau kamu membawa kendaraan tentu harus membayar biaya parkir. Untuk motor Rp. 4.000 , mobil Rp.15.000 dan bus Rp. 30.000,-. Dari sini kamu juga bisa mengunjungi beberapa pantai kawasan gunung kidul lainya seperti pantai drini, baron, sundal, karak, kukup, krakal, sepanjang, dan Pok Tunggal.

Baca Juga “Keindahan bukit panguk kediwung

Fasilitas

Fasilitas yang ada sudah sangat memadai mulai dari area parkir yang luas, Toilet, Mushola, tempat makan dan penyewaan gazebo, jetsky bahkan payung pantai pun ada.

Biaya sewa payung sebesar Rp. 20.000,- per unit sedangkan gazebo Rp. 30.000,- per unitnya. Kalau ingin bermain jetsky kamu juga bisa menyewa dengan trid Rp. 250.000/15 menit nya.

Jangan kaget kalau kamu melihat kawasan pantai indrayanti ini selalu bersih, hal itu karena kalau ada yang membuang sampah sembarangan akan mendapatkan sanksi denda sebesar Rp. 10.000,- . Jadi jangan coba-coba buang sampah sembarangan, Tapi bantu agar pantai kita senantiasa bersih dan cantik.

Baca juga “Wisata Jogja Gunung Kidul

Jalan Menuju Lokasi

Pantai Indrayanti berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Untuk menuju ke pantai ini, dari Wonosari, wisatawan bisa menuju ke Kecamatan Tepus kemudian mengikuti papan penunjuk arah yang menuju ke pantai ini. Kami rekomendasikan rute melalui Wonosari, lantaran lebih mudah dari pada jalur lainnya.