fbpx
Wisata pantai di Jogja dengan Keindahan tiada duanya

Wisata pantai di Jogja dengan Keindahan tiada duanya

Wisata jogja pantai

Berada di bagian selatan Pulau jawa, Jogjakarta menawarkan keindahan wisata pesisir pantai selatan yang luar biasa. Di Kabupaten Gunung kidul saja terdapat 60 pantai, maka tidak salah jika Jogja disebut juga surga bagi para beach-hopper.

Waktu liburan biasanya sangat terbatas, Kami akan merekomendasikan Anda beberapa wisata pantai di jogja yang tentunya akan membuat Anda bisa melepas penat.

Saat Anda berada di sekitar Malioboro nanti, jangan lupa berkunjung ke beberapa wisata dekat malioboro yang kami sarankan untuk Anda ya!

Transportasi wisata jogja

1. Pantai Nguluran

Pantai Nguluran wisata jogja pantai
Pantai Nguluran dengan Teras Kaca

wisata pantai tidak hanya bisa melepas penat, kadang ada juga yang sekedar ingin menambah koleksi fotonya.

Salah satu pantai yang terletak di Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta(Maps)  ini akhir-akhir ini semakin banyak di minati terutama oleh para pemburu keindahan lokasi untuk swafoto.

Tidak hanya ingin berlibur,di lokasi wisata pantai jogja ini tidak sedikit pasangan yang melakukan foto prewedding mereka di sini.

Teras kaca tidak hanya membuat kesan yang instagenic, tapi semakin memanjakan pengunjung sehingga bisa merasakan sensasi berada di atas deburan ombak pantai.

Saat berfoto di teras kaca, pengunjung akan merasakan sensasi yang menegangkan karena posisi yang berada di ujung tebing.

Ada beberapa spot foto terbaik di pantai ini selain di atas teras kaca. Glass Boat, Jogja Swing, Becak terbang, Giant Chair, dan masih ada beberapa spot unik lainya.

Setelah puas di Pantai ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan. Jika ke barat, didekat sana ada pantai Cobra dan Seaside View. Sedangkan jika balik ke arah timur, kita bisa singgah di pantai Gesing. Atau jika kembali ingin memompa adrenalin dengan ketinggian tebing, kita bisa memancing tebing di Gesing Dalan Kapal Fishing Zone sekaligus menginap gaya camping di tempat itu.

Untuk masuk ke pantai ini dikenakan biaya retribusi pantai sebesar 5.000 rupiah saja. Biaya parkir motor 3.000 dan mobil 5.000 rupiah.

Berfoto di teras kaca, Anda akan dikenakan tarif 20.000 rupiah, sedangkan spot lainya 10.000 rupiah. Akan tetapi tidak semua spot dikenakan biaya,  untuk spot dengan konstruksi sederhana seperti ayunan dan kursi cantik tidak dikenakan biaya.

2. Pantai Sedahan

Pantai sedahan wisata jogja pantai
Pantai sedahan

Hamparan pasir putih serta 2 tebing karang yang menjorok di kedua sisinya menjadi ciri khas pantai ini. Para pengunjung bisa naik ke atas karang melalui jalan setapak yang hanya bisa dilihat saat air pantai surut.

Disana ada banyak rumput laut yang biasanya dipanen oleh para petani sekitar untuk dijual ke pengepul dan sebagian untuk dimakan sendiri.

Awalnya tempat ini menjadi spot menarik untuk memancing, seiring berjalanya waktu kepopuleran pantai ini menjadikan camping salah satu kegemaran yang banyak diminati.

Terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata pantai jogja ini mempunyai daya tarik tersendiri seperti Bukit karang, Spot memancing, Spot camping, Pantai pendaratan penyu, Sunset & sunrise.

Jika Anda akan melakukan perjalanan kesana, pastikan tangki BBM anda penuh, karena di jalan sekitar pantai tidak ada SPBU. Bagaimana dengan perbekalan makanan? Akan lebih baik jika Anda mempersiapkan dengan baik sesuai yang Anda butuhkan, karena masih belum banyak penjual di tempat wisata yang satu ini.

3.Pantai Kukup

Pantai kukup
Pantai kukup

Wisata Pantai Jogja selalu menjadi perburuan para wisatawan. Salah satunya pantai kukup, pantai klasik yang sudah ada sejak dulu dan tidak berubah keindahanya dari dulu.

Pasir putih yang halus dengan butiran pecahan batu gamping menjadikan pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Keunikan lain yang bisa kita nikmati adalah tebing karang yang cukup besar terletak di tengah pantai.

Berada di tempat ini, rasanya seperti di Tanah Lot, hanya saja kalau di Tanah Lot terdapat pura di atas karang, sedangkan pantai ini terdapat gardu pandang sehingga bisa menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Rute menuju pantai Kukup hampir sama dengan rute menuju ke Baron. karena keduanya, mempunyai jarak yang tidak terlalu jauh. Hanya saja, sebelum masuk pantai baron anda harus belok ke kiri sesuai dengan papan petunjuk agar tiba di lokasi tujuan.

Akses jalan menuju pantai kukup terbilang mudah, Anda tidak harus menggunakan kendaraan pribadi, akan tetapi menggunakan bus pun bisa.

Berangkat dari terminal Giwangan kemudian naik bus jurusan Yogyakarta – wonosari. Setibanya di terminal wonosari lanjutkan dengan menggunakan bus dengan jurusan Baron. kemudian, naik ojek hingga anda akan sampai di lokasi.

4.Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti wisata jogja pantai
Pantai Indrayanti

Terkenal indah dan romantis, itulah kesan untuk wisata pantai yang satu ini. Lokasi yang strategis terletak di sisi timur pantai sundak. Hamparan pasir putihdan jernihnya air pantai yang biru seakan merayu para wisatawan untuk berenang.

Lokasi ini mempunyai spot terbaik bagi Anda penyuka sunset di Jogja. Anda bisa mengabadikan momen keindahan tersebut bersama keluarga atau teman-teman.

Penamaan dari pantai ini sempat menuai kontroversi. Pasalnya pemerintah sudah memberikan nama “Pantai Pulang Syawal” akan tetapi karena pada awalnya di depan pantai terdapat restoran indrayanti, sehingga pengunjung dan masyarakat sekitar lebih mengenal nama pantai indrayanti.

Pantai yang terkenal bersih ini tidak luput dari kerja sama berbagai pihak, dari pemerintah, swasta juga para penduduk sekitar.

Sejauh mata memandang, pantai ini terlihat bersih, para pengunjung yang membuang sampah sembarangan akan mendapat denda. Wal hasil terwujudlah pantai yang bersih dan indah.

Agar lebih puas menikmati keindahan pantai ini, Anda juga bisa menginap di penginapan. Anda bisa dengan mudah memilih penginapan mana yang sesuai.

Bagaimana menurut Anda? jangan sampai terlewat ya! segeramasukkan Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata jogja Anda.

5. Pantai Baron

Pantai Baron

Salah satu pantai klasik Jogja yang banyak di buru menjadi tujuan wisata. Perpaduan warna yang sangat mengesankan menjadi daya tarik tersendiri.

Dari bibir pantai kita dapat melihat Air lautnya yang jernih, sungainya yang berwarna biru kehijauan, pasir kecoklatan, serta tumbuhnya pepohonan hijau di kanan dan kiri. Sungguh, keindahan yang tidak dapat di dustakan.

Tidak hanya menikmati keindahan pantainya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan pada wisata pantai jogja yang satu ini. Kita bisa berenang di sungai bawah tanah, berburu foto di Goa Jomblang, berkemah di bukit karang, memancing ikan dari atas bukit, mengunjungi Baron techno park, berkunjung ke mercusuar tanjung Baron,dan ber-selfie di Baron Hill.

Setelah puas dengan berkeliling pantai, kita bisa menikmati kuliner dengan menu hasil laut. Berbagai macam menu olahan seafood ada disini seperti asam manis, rica, bisa di goreng dan di bakar dengan pilihan ikan yang super lengkap mulai dari udang, cumi, kakap.

Karena langsung dari laut jadi semua masih fresh ya, dan pastinya rasanya akan lebih gurih dan manis.

6. Penutup

Ada 5 wisata pantai di Jogja yang kami rekomendasikan untuk Anda. Masing-masing dengan pesona keindahanya tersendiri.

Indonesia memang kaya dengan keindahan. Bagaimana dengan tujuan wisata kamu? pastikan pantai yang kami rekomendasikan sudah ada di dalam list destinasi wisata kamu ya.