fbpx
Pantai Sadranan – Kecantikan Alami Pantai Jogja

Pantai Sadranan – Kecantikan Alami Pantai Jogja

Pantai Sadranan merupakan kecantikan alami yang tersembunyi di sekitar Gunungkidul. Terletak di Pule Gundes II, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps). Saat ini menjadi salah satu wisata pantai yang banyak di cari para wisatawan.

Keindahan Pantai Sadranan
Keindahan Pantai Sadranan

Pantai selatan kawasan Jogja memiliki ciri khas pasir putih dengan karang koral pada tepi pantainya. Hal ini mengingatkan kita dengan kondisi pantai di kuta bali dan mandalika lombok.

Karakteristik pantai yang memiliki ombak relatif tenang karena adanya penghalang alami yang memecah ombak di depan pantai. Penghalang berupa gili (pulau kecil) dan gugusan karang. Kondisi ini semakin melengkapi kesempurnaan pantai ini sebagai lokasi snorkeling.

Nama sadranan, berasal dari kebiasaan masyarakat setempat yang biasa melakukan upacara nyadran. Upacara nyadran sendiri yaitu sedekah laut yang selalu dilakukan sebagai ucapan rasa sykur kepada Tuhan atas kelimpahan rezeki, rahmat, serta sebuah doa, agar tangkapan ikan kedepan lebih dari apa yang di dapatkan hari ini.

Baca Juga 99 wisata Jogja yang wajib dikunjungi.

Jam Buka & Harga Tiket

Pantai ini buka setiap hari dalam 24 jam. Hal ini karena tidak sedikit pengunjung yang bermalam baik menggunakan tenda maupun memanfaatkan fasilitas penginapan yang ada.

Hanya dengan 10.000 rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai sadranan. Kalau ingin menikmati snorkling harus membayar 50.000 rupiah.

Objek Wisata

ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan di tempat yang indah ini. Penasaran apa saja? mari kita ulas :

Berkeliling menggunakan perahu Kano

Menaiki perahu kano  di pantai sadranan
Menaiki perahu kano

Merasakan sensasi diatas perahu kano berteman dengan deburan obak, birunya air laut, indahnya karang-karang laut dapat kamu nikmati jika kamu datang ke pantai sadranan. Dengan biaya sewa perahu sebesar 50.000 rupiah per jam nya. Kalau seperti ini tidak harus jauh-jauh ke Bali, tapi di Jogja pun kamu juga bisa menikmatinya.

Menikmati Keindahan Biota Laut dengan Snorekling

Melihat keindahan biota laut sumber foto : dejogjadventure.com

Terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, membuat pantai ini mampu menarik wisatawan untuk snorekling. Selain pantai Nglambor, pantai sadranan merupakan spot terbaik untuk snorkling. Sungguh sayang untuk dilewatkan, karena dengan tarif 50.000 rupiah per jamnya untuk sewa perlengkapanya kamu bisa berpetualang di bawah air.

Bagi kamu yang masih awam dalam melakukan snorekling, tidak perlu khawatir karena akan ada pemandu yang akan membimbing kamu berkeliling di bawah air. Keseruan kamu di dalam laut juga bisa diabadikan dengan kamera waterproof yang disediakan oleh pengurus pantai ini.

Baca Juga “Wisata Jogja Gunungkidul

Camping Ground & Api Unggun

Camping
Camping di pantai Sadranan

Menghabiskan akhir pekan bersama sahabat atau kerabat tentu akan lebih seru jika sambil menikmati suasana alam terbuka. Pantai ini cukup memadai untuk kamu melakukan camping dan menyalakan api unggun di malam hari. Tidak ada kata bosan, oleh karena itulah para wisatawan memilih untuk menghabiskan waktu mereka di tempat ini sekedar untuk melepas penat dari aktivitas dan hiruk pikuk kesibukan sehari-hari.

Menikmati Sunrise & Sunset

Menikmati Sunset
Menikmati Sunset

Ada yang kurang jika bermain di pantai tapi tidak bisa menikmati sunset atau sunrise. Kamu juga bisa menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam di Pantai Sadranan Jogja ini. Berbagai model dan gaya untuk mendapatkan hasil foto yang instagramable. Bagaimana dengan kamu? Jangan mau ketinggalan.

Fasilitas

Fasilitas penunjang yang ada di pantai ini sudah cukup memadai. Mulai dari Kamar mandi, Tempat ganti pakaian, Penginapan, Warung makan, Penginapan, Gazebo, Area parkir, Jasa foto, Penyewaan perlengkapan snorkeling pun sudah ada. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk menghabiskan liburan kamu bersama keindahan pantai sadranan.

Baca Juga ” Wisata Pantai di Jogja