fbpx
Berburu Sunset di Lokasi Wisata Candi Ijo

Berburu Sunset di Lokasi Wisata Candi Ijo

Suasana sore di  Candi Ijo
Suasana sore di tempat wisata Candi Ijo

Kota Yogyakarta memiliki keindahan historis tersendiri. Banyak sekali Candi dengan keunikan masing-masing. Pernahkah kamu mendengar nama wisata Candi Ijo? memang tidak setenar candi prambanan dan candi borobudur yang merupakan candi terbesar di Indonesia. Akan tetapi Candi Ijo merupakan Candi yang letaknya paling tinggi dari candi-candi yang ada di Jogja.

Bagaimana dengan liburan kamu di tahun 2021 ini? kamu bisa mencoba untuk menikmati sunset di lokasi wisata candi Ijo sebagai alternatif pilihan kamu.

Seperti apa keindahan dan pesona Candi Ijo? Baca sampai habis artikel ini ya!. Jangan lupa baca juga “99 wisata jogja yang wajib dikunjungi“.

Lokasi Wisata Candi Ijo

Berada pada ketinggian 357,402 mdpl – 395,481 mdpl bukit yang diberi nama gumuk ijo bagian dari perbukitan Batur Agung. Candi ini sangat populer di kalangan anak-anak muda dan wisatawan lokal.

Dari sini kamu akan melihat bahwa komplek candi ini terbuka menghadap barat dengan pemandangan yang indah yaitu pantai parangtritis dan area persawahan. Dari sini kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan puas, tentunya jika kamu datang pada sore hari.

Jl. Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps) tepatnya lokasi wisata yang satu ini. Candi ini berjarak 18 km dari kota yogyakarta dan hanya 4 km saja dari Candi Ratu Boko.

Baca juga “Candi Prambanan : Saksi cinta bandung bondowoso

Harga Tiket Masuk

Hanya dengan 5.000 rupiah saja yang harus kamu keluarkan untuk bisa menikmati keindahan langit senja candi ijo. Akan tetapi itu untuk wisatawan lokal ya. Sedangkan wisatawan asing akan dikenakan dua kali lipat yaitu 10.000 rupiah.

Untuk biaya parkir hanya 2.000 rupiah saja untuk sepeda motor. sedangkan mobil 5.000 saja.

Baca Juga “Pantai Wohkudo

Pesona Keindahan Candi Ijo

Kompleks candi terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Teras pertama sekaligus halaman menuju pintu masuk merupakan teras berundak yang membujur dari barat ke timur.

Bangunan pada teras ke-11 berupa pagar keliling, delapan buah lingga patok, empat bangunan yaitu candi utama, dan tiga candi perwara. Peletakan bangunan pada tiap teras tergantung atas kesakralannya. Bangunan pada teras tertinggi adalah yang paling sakral.

Salah satu karya yang menyimpan misteri adalah dua buah prasasti yang terletak di bangunan candi pada teras ke-9. Salah satu prasasti terdapat kode F bertuliskan Guywan atau Bluyutan berarti pertapaan. Prasasti lain yang terbuat dari batu berukuran tinggi 14 cm dan tebal 9 cm memuat mantra-mantra yang mungkin berupa kutukan.

Mantra tersebut ditulis sebanyak 16 kali dan salah satunya yang terbaca adalah “Om Sarwwawinasa, Sarwwawinasa.” Bisa jadi, kedua prasasti tersebut erat dengan terjadinya peristiwa tertentu di Jawa saat itu. Hanya saja peristiwanya seperti apa hingga kini belum terkuak.

Bagi kamu yang ingin berburu indahnya sunset di candi ini, bisa datang saat menjelang sore misal jam 15.30 dan kamu bisa menghabiskan waktu hingga pukul 17.30 jam tutup wisata ini.

Pastikan batery HP/Camera kamu full ya selain itu siapkan space yang banyak untuk memori penyimpanan foto-foto kamu. karena keindahan yang mempesona tempat ini pasti membuat kamu ingin terus mengeksplor setiap sisi nya.

Fasilitas

Di depan pintu masuk sudah tersedia pos, yang nanti bisa membantu kamu untuk bertanya segala sesuatu yang berhubungan dengan candi ini. selain itu fasilitas seperti tempat parkir, toilet dan gazebo untuk beristirahat para pengunjung sudah tersedia. selain itu juga sudah terdapat warung-warung yang menjual aneka jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan perut kamu.

Bagaimana sobat traveler? kamu penasaran ingin melakukan wisata di liburan kamu kali ini? langsung saja bawa pasukan kamu untuk menikmati keindahan sunset disana ya!

Jangan lupa baca juga “Menapaki Pasir Putih di Pantai Indrayanti