fbpx
Tebing Breksi, Bekas tambang yang di Sulap Menjadi Tempat wisata

Tebing Breksi, Bekas tambang yang di Sulap Menjadi Tempat wisata

Suasana Senja di Tebing Breksi
Suasana Senja di Tebing Breksi

Setelah berbulan-bulan harus tutup karena pandemi, sekarang wisata mulai buka kembali. Salah satunya adalah Tebing Breksi, terletak di Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps). Buka dari jam 05.00-22.00 tempat ini sangat menarik perhatian pengunjung.

Tempat yang unik ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Bahkan keluarga Barack Obama pun datang untuk berwisata ke tebing ini pada tahun 2017 lalu.

Seperti apa wisata yang menarik perhatian ini? mari kita kupas semua yang berhubungan dengan tempat wisata yang satu ini.

Baca Juga “Wisata malam jogja 2021

Awal Tebing Breksi

Garis-garis dan setiap cekungan yang menarik perhatian
Garis-garis dan setiap cekungan yang menarik perhatian

Berawal dari bekas tambang terbengkalai, masyarakat merubah tempat ini menjadi taman tebing breksi yang cantik dan menarik perhatian. Hal ini bisa menjadi contoh bagi penanganan bekas tambang lainya di Indonesia.

Bahwa jika suatu tempat sudah dikeruk hasil tambangnya, tidak seharusnya dibiarkan terbengkalai. Akan tetapi bisa menjadi destinasi wisata yang menghasilkan juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Melalui tangan para seniman dan semangat masyarakat sekitar untuk meningkatkan perbaikan ekonomi, maka bongkahan tebing yang biasa menjadi terlihat eksotis.

Baca Juga “Wisata Candi Ijo

Jadi meskipun latar belakang yang sempat viral dari tebing ini karena larangan pemerintah yang menjadikan tempat ini sebagai tempat penambangan batu kapur tidak menyurutkan semangat warga dalam mengalihfungsikan.

Pada 30 Mei 2015 Sultan Hamengkubuwono X selaku gubernur DIY meresmikan Tebing breksi sebagai tempat wisata, bersamaan dengan peresmian Tlatar seneng yang akhirnya menambah luas peta wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga “99 wisata Jogja yang wajib dikunjungi

Harga Tiket & Fasilitas

Tampak kokoh dan menawan
Tampak kokoh dan menawan

Jika kamu berkunjung bersama rombongan ke tebing breksi tidak perlu bingung berunding harus bayar berapa saat masuk. Karena tiket masuknya seikhlasnya, pasti seneng ya?

Selain tarif masuk seikhlasnya, kamu juga perlu membayar biaya parkir. Untuk parkir motor hanya 2.000 rupiah saja sedangkan mobil 5.000 rupiah.

Bagaimana dengan fasilitas yang ada di tempat ini? Tidak perlu khawatir, karena untuk toilet, mushola juga warung-warung penjual makanan ada disini.

Baca Juga “Pantai Wohkudo

Kegiatan wisata di Tebing Breks

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan disana. diantaranya :
1. Climbing
2. Bersepeda
3. Menikmati Sunrise
4. Swafoto dengan latar Instagramable sepuasnya

Fasilitas yang mendukung serta medan yang memadai akan membuat kamu bebas melakukan apa saja di tempat ini. Bongkahan batu kapur yang diukir serta dibentuk sedemikian rupa oleh para seniman, menjadi latar yang apik untuk objek swafoto kamu.

Beberapa spot seperti telaga, ayunan di atas bukit, serta kursi-kursi semen yang dibentuk sedemikian rupa menambah kesan romantis di tempat ini. Oleh sebab itu tidak sedikit pasangan yang melakukan foto prewedding di tempat ini.

Baca Juga “Wisata Jogja Instagramable

Bagaimana penilaian kamu tentang tempat wisata yang satu ini?? Sangat menarik bukan? Semoga pemerintah dan masyarakat bisa selalu bersinergi dalam mengelola bekas tambang juga lingkungan yang ada dengan baik. sehingga bisa meingkatkan pariwisata juga perekonomian masyarakat.

Happy traveler guest..

Jangan lupa baca juga “Wisata Gunung di jogja