fbpx
Pantai Jogan, Perpaduan Keindahan Air Terjun & Birunya Pantai

Pantai Jogan, Perpaduan Keindahan Air Terjun & Birunya Pantai

Bagi kamu pecinta wisata air, Sangat tepat untuk datang ke Pantai Jogan. Pantai yang mempunyai pemandangan unik berbeda dengan pantai pada umumnya. Pesona keindahan Air Terjun juga pantainya yang biru menjadikan pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri. Penasaran seperti apa keindahanya? Simak artikel ini sampai habis ya! Jangan lupa juga untuk baca “Keindahan tersembunyi, Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul“.

Keindahan Air Terjun Pantai Jogan
Keindahan Air Terjun Pantai Jogan

Lokasi & Rute Menuju Kesana

Pantai ini termasuk pantai tebing, layaknya pantai kesirat yang ada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Hanya bedanya di Pantai ini kamu bisa mendekat ke arah pantainya, sedangkan di Pantai Kesirat tidak.

Berlokasi di Jl. Pantai Siung, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Maps). Lokasi Pantai Jogan berada diantara Pantai Nglambor dan Pantai Siung di sisi timur, dan Pantai Timang di sisi sebelah barat.

Untuk menuju kesana jika dari pusat Kota Jogja akan menempuh jarak sekitar 79 km dengan estimasi waktu kira-kira 2 jam perjalanan.

Baca Juga “Obelisk Hill, Wisata Kekinian dengan view Keren

Rute yang dapat dituju yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, ketika tiba di perempatan jalan ambil ke arah selatan melewati Jl. Brigjen Katamso.

Kemudian tetaplah berada di jalur Pantai Selatan Jawa, sebelum tiba di disana kamu akan melewati Pantai Siung terlebih dahulu.

Pantai Jogan berada di sebelah kiri, ketika memasuki jalur Pantai ini kondisi jalan tak begitu mulus. Keadaan jalannya masih berbatu, hingga akhirnya kamu tiba di parkiran.

Baca Juga “Agrowisata Bhumi Merapi

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Ketika berada di Pantai Jogan sendiri, ada beberapa biaya yang harus kamu keluarkan, yakni:

  • Ketika menuruni tangga menuju aliran air terjun dengan membayar Rp. 4.000,-
  • Biaya parkir motor Rp. 3.000,-
  • Biaya parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-

Tidak ada ketentuan jam operasional dari Pantai Jogan ini, artinya pantai ini dibuka selama 24 jam nonstop mulai hari Senin hingga Minggu.

Namun, mengingat jalan menuju lokasi belum dilengkapi lampu penerangan jalan maka sebaiknya datang ketika matahari masih bersinar..

Baca Juga “Alamanda Jogja Flower Garden

Fasilitas

Meskipun terbilang masih belum lengkap tapi setidaknya yang menjadi kebutuhan dasar sudah terpenuhi di Pantai ini seperti berikut ini :

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet
  • Warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Spot foto

Baca Juga “Tirta Budi, Blue Lagoon ala Jogja

Daya Tarik Pantai Jogan

Pantai yang terbilang unik ini memang mempunyai daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah keberadaan air terjun atau biasa dikenal dengan gojogan pengantin. Konon katanya kalau mandi di bawah air terjun akan cepat mendapatkan jodoh. Untuk para Jomblo bisa dicoba kebenaran mitos ini ya, siapa tahu berhasil.

Aliran airnya akan jatuh dari ketinggian sekitar 10 meter secara melebar, semakin banyak air di sungai semakin deras pula air terjunnya.

Baca Juga “Menanti Senja di Bukit Parang Endog

Namun jika dalam keadaan musim kemarau yang berkepanjangan khususnya, air terjun tersebut akan kering hingga tak mengalirkan air sedikitpun.

Bagi kamu yang suka dengan olah raga yang menguji adrenalin, kamu bisa mencoba Rappeling disini.

Rappeling merupakan aktivitas menuruni tebing dengan menggunakan perlengkapan tali. Hampir sama dengan panjat tebing, bedanya terletak pada jalur yang dilalui.

Kegiatan rappeling ini dapat kamu lakukan di Air Terjun Pengantin, keadaan akan semakin seru ketika tubuh kamu terkena aliran airnya. Apalagi jika musim penghujan tiba, debit air terjunnya akan bertambah besar sehingga aliran airnya pun akan semkin deras.

Baca Juga “Pesona Air Terjun Lepo

Rappeling atau menuruni tebing
Rappeling atau menuruni tebing

Selain itu kamu juga bisa sekedar seru-seruan bersama teman kamu dengan bermain air pantai atau air terjun. Seperti yang dilakukan para pengunjung berikut ini :

Baca Juga “3 Tempat Ziarah di Jogja yang paling Populer

Bermain air di bawah air terjun pengantin
Bermain air di bawah air terjun pengantin

Pantai ini juga menyimpan banyak spot-spot yang instagramable. Jadi untuk kamu para pemburu foto media social sangat tepat jika datang kesini.

Nah, bagaimana sobat traveler? kamu tertarik untuk datang ke pantai ini? Segera agendakan untuk liburan kamu kali ini. Jangan sampai terlewat ya! Happy Travelling ya sobat!!

Baca Juga “Keindahan Bukit Kali Kuning, Wisata Lereng Gunung Merapi