fbpx
Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi

Destinasi wisata Jogja kali ini terletak di daerah Kaliurang. Agrowisata Bhumi Merapi menawarkan edukasi sekaligus berwisata bagi para pengunjungnya. Suasana mulai dari lokal indonesia hingga luar negeri akan terasa ditempat ini. Seperti apa keseruan berwisata disana? Simak artikel ini sampai habis ya! Jangan lupa juga baca “Obelisk Hill, Wisata Kekinian dengan view Keren

Agrowisata Bhumi Merapi
Agrowisata Bhumi Merapi

Lokasi

Berlokasi di Jl. Kaliurang, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582 (maps). Dibangun pada tahun 2015 dengan luas 5,2 hektar.

Tempat wisata ini menawarkan konsep pertanian, perkebunan, dan peternakan. Jadi, selain liburan para pengunjung pun bisa mendapatkan banyak ilmu. Suasananya yang sejuk dan nyaman juga membuat para pengunjung betah berlama-lama disana.

Baca Juga “Pantai Mesra, Miami nya Jogja

Harga Tiket & Jam Buka

Sama seperti tempat-tempat wisata lainnya,tempat ini juga membebankan tarif untuk masuk ke dalam lokasi. Harga tiket yang ditawarkan Rp30.000/orang sudah termasuk bermain di semua wahana yang tersedia.

Sayangnya selama PPKM darurat masih berlangsung, tempat ini masih ditutup sementara. Jam buka tempat wisata ini dimulai pada pukul 08.30 dan tutup pukul 17.00 di setiap harinya.

Baca Juga “De Mangol – Pesona Alam perbukitan Kota Jogja

Banyak spot menarik untuk berfoto
Banyak spot menarik untuk berfoto

Aktifitas di Agrowisata Bhumi Merapi

Ada beberapa aktivitas yang berhubungan dengan perkebunan, peternakan dan pertanian yang bisa kalian lakukan disini. diantaranya yaitu :

Baca Juga “Eksotisnya Pantai Watu Lumbung

Berinteraksi dengan Hewan

Berinteraksi dengan Hewan
Berinteraksi dengan Hewan

Identik dengan wisata edukasi, taman rekreasi ini menyediakan tempat belajar budidaya hewan bagi para pengunjungnya. Diantaranya kambing dan kelinci. Kambing yang dipelajari adalah jenis kambing Ettawa.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah memerah susu kambing, memberikan susu dot bagi anak kambing, mengolah susu untuk dijadikan yogurt dan ice cream,  pengolahan pakan ternak, dan pengolahan kotoran kambing menjadi pupuk organik dan biogas.

Baca Juga “Sindu Kusuma Edupark – SKE

Sedangkan kelinci yang ada disini adalah kelinci hias dan kelinci pedaging. Dan pengunjung juga bisa memberi makan kepada kelinci. Selain itu, ada juga binatang berjenis reptile yang dipelihara disini seperti ular, kura-kura, dan reptile lainnya yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi.

Field Trip

Field trip anak-anak SD
Field trip anak-anak SD

Karena tempat wisata ini mengusung konsep wisata edukasi, jadi ini sangat cocok bagi anak sekolahan yang ingin berlibur sembari belajar tanaman dan hewan. Guru-gurunya pun tidak perlu cemas karena sangat aman.

Anak-anak bisa belajar bercocok tanam dan dapat juga membeli hasil tanaman hidroponik. Tempatnya yang luas pun bisa dijadikan sarana untuk bermain bersama kelompok. Sehingga bisa mengeratkan tali pertemanan.

Baca Juga “Menjelajah Pantai Goa Cemara nan Cantik

Proses Pembuatan Kopi

Bagi para penggemar kopi disini juga bisa melihat proses pembuatan kopi luwak. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli hasil produk kopi luwak disini dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Baca Juga “Bukit Pengilon, Menikmati Keindahan Laut & Padang Rumput

Berburu Spot Foto

Tempat wisata ini, selain meyediakan wisata edukasi, ada juga wisata foto yang cocok untuk para remaja yang doyan selfie. Beberapa spot instagramable yang tersedia disini adalah rumah hobit, gazebo, dan bunga-bunga yang bermekaran. Hasil foto tersebut pastinya akan mempercantik feeds instagram pengunjung.

Fasilitas

asilitas yang tersedia di agrowisata ini terbilang cukup lengkap. Seperti jeep yang bisa digunakan mengelilingi kawasan wisata. Area camping dan penyewaan alat berkemah. Restoran, tempat beristirahat serta area outbound.

Baca Juga “Goa Langse, Keindahan & Kisah Mistisnya