fbpx
Keindahan tersembunyi, Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Keindahan tersembunyi, Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Kembali ke alam adalah cara yang tepat untuk menjernihkan pikiran. Terlebih mendengar suara air yang mengalir, pasti akan leboh menentramkan. Jogja mempunyai gunung kidul dengan segala keindahan alamnya. Salah satunya air terjun Sri Gethuk yang menyembunyikan keindahanya. Seperti apa suasana disana? simak artikel ini sampai habis ya! Jangan lupa juga baca “Keindahan Bukit Kali Kuning, Wisata Lereng Gunung Merapi“.

Keindahan air terjun Sri Gethuk
Keindahan air terjun Sri Gethuk

Lokasi

Berlokasi di Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta(maps). Tempat ini sekarang sudah mulai ramai pengunjung. meskipun kondisi jalan yang tidak mudah dilalui terutama jika menggunakan kendaraan besar, akan tetapi tidak menyurutkan langkah para pengunjung.

Untuk bisa menuju kesana, dari arah kota Jogja kamu bisa meluncur ke Jl. Wonosari sampai ke Piyungan dan lanjuk ke Pathuk kemudian Sambipitu sampai ketemu pertigaan Lanud TNI AU atau lapangan Gading. Dari sana kamu ambil kanan ke arah Playen. Nanti setiba di pasar Playen kamu bisa bertanya ke penduduk sekitar lokasi tepatnya Air Terjun Sri Gethuk ini.

Baca Juga “Tirta Budi, Blue Lagoon ala Jogja

Wahana Wisata

Di sana, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan rekreasi menarik. seperti bermain flying fox. wisatawan juga bisa naik rakit ke lokasi air terjun dan body rafting sambil menikmati pemandangan alam.

Untuk menaiki rakit, pengunjung harus berjalan ke sungai dari loket pembelian tiket sekitar 2 kilometer (km). Perjalanan dari sungai menuju air terjun akan ditempuh selama sekitar 7 menit naik rakit.

Dalam area tempat wisata yang sudah dibuka kembali sejak pertengahan Juli 2020 itu, Miftah mengatakan bahwa selain air terjun, ada juga Goa Rancang Kencana yang sudah dibuka kembali untuk publik. Pihaknya telah menerapkan serangkaian protokol kesehatan yang wajib dipatuhi wisatawan sebelum memasuki area tempat wisata.

Baca Juga “Menanti Senja di Bukit Parang Endog

Pandemi Pengunjung Sepi

Hari biasa paling 50–100 orang. Akhir pekan atau hari libur 300–500 orang. Sekarang, 500 orang saja tidak sampai. Padahal sebelum pandemi Covid-19, kunjungan ke tempat wisata tersebut bisa mencapai sekitar 2.000 orang.

Air Terjun Sri Gethuk sendiri terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat wisata tersebut buka setiap Selasa–Minggu pukul 08.00–16.00 WIB.

Harga tiket masuk ke Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencana adalah Rp 15.000 per orang. Untuk naik rakit PP, wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp 10.000. Sementara itu, flying fox tarifnya Rp 35.000 per orang dan body rafting Rp 30.000. Jika ingin berkunjung, pastikan tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga “Pesona Air Terjun Lepo

Bagaimana sobat traveler? Kamu tertarik untuk bermain ke Air Terjun Sri Gethuk ini? Segera agendakan saja untuk liburan kamu kali ini ya! Happy Travelling ya sobat..

Baca Juga “3 Tempat Ziarah di Jogja yang paling Populer