fbpx
Keindahan Bukit Kali Kuning, Wisata Lereng Gunung Merapi

Keindahan Bukit Kali Kuning, Wisata Lereng Gunung Merapi

Gunung Merapi selalu Memberikan kesan tersendiri. Selain kokoh menawan, lerengnya pun menyimpan banyak tempat wisata. Bukit Kali Kuning memiliki daya tarik wisata alam yang luar biasa. Selain karena lingkungan asri karena berada di lereng gunung merapi, spot-spot wisata didalamnya juga berbeda dibandingkan obyek wisata sejenis lainnya.

Seperti apa keindahan alam disana? simak artikel ini sampai habis ya. Dan Jangan lupa membaca “3 Tempat Ziarah di Jogja yang paling Populer“.

Keindahan Bukit Kali Kuning
Keindahan Bukit Kali Kuning

Pesona Kali Kuning

Bukit ini memiliki daya tarik wisata alam yang luar biasa. Selain karena lingkungan asri karena berbada di lereng gunung merapi, spot-spot wisata didalamnya juga berbeda dibandingkan obyek wisata sejenis lainnya.

Aliran sungai merupakan lintasan lahar saat peristiwa meletusnya Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu. Meskipun berasal dari bentukan akibat bencana alam, Bukit Kali Kuning menjadi lingkungan hijau yang asri dan ditumbuhi pepohonan yang indah.

Bukit Kali Kuning memiliki mata air yang mengalirkan air melalui sungai yang melewati setidaknya beberapa kecamatan diantaranya Pakem, Cangkringan, Ngemplak, Kalasan dan Berbah. Dari bukit ini juga tersaji pemandangan bukit batuan Andesit yang mempesona.

Baca Juga “Pesona Air Terjun Lepo

Dalam perjalanan menuju Bukit, setelah turun dari kendaraan, para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan pinus, suara gemercik aliran sungai, kesegaram udara bersih dan alami serta hijaunya tanaman-tanaman yang terdapat di lokasi ini.

Beberapa tanaman dan pepohonan yang terdapat di area ini pun sedikit berbeda dan hampir tidak ditemukan dilokasi lainnya seperti Bunga Kantung Semar, Bunga Rasamal dan Bungan Puspa. Terdapat juga spot-spot foto yang dibangun tanpa merusak suasana alami dan pemandangan asli di sekitar obyek wisata alam ini.

Baca Juga “Menanti Senja di Bukit Parang Endog

Lokasi & Rute

Bukit Kali Kuning berada di Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Maps). Untuk menuju ke lokasi ini, perjalanan terbilang cukup lancar karena kondisi jalan yang sudah memadai. Hanya saja, para pengunjung masih harus berjalan kaki di jalan setapak sepanjang 1 km sebelum benar-benar sampai di lokasi wisata.

Rute yang dilewati untuk menuju obyek wisata ini dari Tugu Jogja adalah ke arah utara menuju Jalan Kaliurang. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pasar Pakem ke arah timur. Dari Pasar Pakem ke arah timur Anda akan langsung menemukan lokasi wisatanya. Sebelum sampai lokasi, Anda harus berjalan kaki menuruni jalan setapak bebatuan sepanjang 1 km.

Jarak perjalanan dari Kota Jogja adalah sepanjang 27 km dengan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih setengah hingga satu jam. Bergantung pada padatnya lalu lintas dan kendaraan yang digunakan.

Baca Juga “Tirta Budi, Blue Lagoon ala Jogja

Fasilitas

Dengan pengelolaan pihan Taman Nasional Merapi, tentu saja sudah dibangun beberapa fasilitas yang memadai untuk melayani kunjungi wisatawan ke lokasi Bukit Kali Kuning diantaranya :

  • Pusat Informasi
  • Penginapan
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Area Parkir

Baca Juga ‘Alamanda Jogja Flower Garden

Harga Tiket Masuk

Kali Kuning termasuk salah satu wisata hemat yang terdapat di Jogja. Biaya masuknya hanya sekitar Rp. 3.000 rupiah. Sedangkan untuk kendaraan, dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk mobil dan yang sejenisnya.

Selain dikunjungi sebagaimana kunjungan wisata, Bukit Kali Kuning juga menyediakan wahana outbound dan camping (perkemahan). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan bertanya kepada pengelola terkait aktivitas ini. Tentu saja memerlukan biaya tambahan untuk menikmatinya.

Baca Juga “Agrowisata Bhumi Merapi