fbpx
Unik, Jenang 13 Rasa Yang Selalu Menggoda

Unik, Jenang 13 Rasa Yang Selalu Menggoda

Jogja memang kaya dengan khasanah kuliner. Jenang adalah salah satu jajanan Khas Jawa yang bisa dengan mudah kita temui di Jogja. Akan tetapi, apa jadinya kalau 13 rasa jenang bisa kita nikmati sekaligus? Penasaran seperti apa keunikan setiap rasanya? simak artikel ini sampai habis ya. Dan jangan lupa juga baca “Nikmatnya Soto Sampah yang melegenda“.

Antri, Banyak pecinta Jenang 13 rasa
Antri, Banyak pecinta Jenang 13 rasa

Lokasi & Jam Buka

Kamu bisa menemukan Jenang 13 rasa ini di Jl. Candi Sari, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Maps). Buka dari jam 07.00-10.00 WIB Setiap hari jum’at.

Jam buka sangat cocok dengan waktu untuk sarapan. Oleh karena itu begitu buka, tempat ini pasti akan penuh dengan antrian penikmatnya.

Baca Juga “Mie Telap 12 Uniknya Makan Mie Instan seperti Gambar Bungkusnya

Berbagai Varian Rasa

Umumnya bahan dasar pembuatan jenang berasal dari tepung beras putih, ketan hitam, jagung, monte atau biasa disebut mutiara, juga umbi-umbian seperti pada jenang grendul. Cara memasaknya pun berbeda-beda, ada yang dibuat manis dengan dicampur gula Jawa dan ada yang dibuat gurih tergantung jenis jenang yang ingin dibuat. Tak ketinggalan pula kuah santan encer sebagai penambah kenikmatan jenang.

Pasar Tani tidak hanya menjual jajanan pasar dan makanan tradisional yang dikelola oleh Dinas Pertanian Sleman. Berbagai sayuran organik hasil bertani ibu-ibu rumah tangga di bawah asuhan penyuluh pertanian juga dijualbelikan di Pasar Tani Sleman.

Baca Juga “Sate Donal Pak Min Kaliurang

Setiba di tenda jenang 13 rasa ini, kamu harus mengambil nomor antrian. Mengingat hanya buka 1 minggu sekali, antrian bisa sangat panjang. Akan tetapi, kamu tidak perlu ragu mengantri karena pelayananya sangat cepat.

“Mau jenang yang mana, Mbak?”, tanya Sang Ibu ramah. Untuk satu jenis jenang harga dibandrol 5.000 rupiah. Sedangakan 5 Jenis jenang 8.000 rupiah. Untuk 10 Jenis jenang harga 10.000 rupiah. atau bisa juga sesuai permintaan.

Semakin banyak jenis jenang tentu akan mempengaruhi banyaknya porsi ya. jadi jangan sampai gelap mata ingin mencoba semua dalam 1 porsi. karena bisa jadi kekenyangan. sebaiknya pilih berbagai varian rasa dengan porsi yang berbeda.

Baca Juga “Rekomendasi Gudeg Paling Top di Jogja

Warna-warni yang menarik hati
Warna-warni yang menarik hati

Kamu bisa memesan bubur sumsum pandan, bubur beras merah, bubur jagung, jenang grendul ubi ungu dan yang terakhir, favorit saya, jenang grendul ubi kuning. Kelima jenang tadi di siram dengan kuah santan encer di atasnya.

Varian lainnya yang bisa dipilih adalah sumsum putih, ketan hitam, jenang monte, kacang hijau, ngangrang, sumsum coklat, dan gempol. ada juga dua varian jenang yaitu kacang merah dan sorghum yang waktu itu sedang kosong.

Baca Juga “Kuliner Ekstrem Jogja