fbpx
Kuliner Ekstrem Jogja

Kuliner Ekstrem Jogja

Beragam kuliner dari yang tradisional hingga modern. Bahkan tidak ketinggalan Kuliner ekstrem pun ada di Jogja. Kira-kira se-ekstrem apa hidanganya? Simak artikel ini sampai habis, karena mungkin bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Jangan lupa juga untuk baca “Menu special ala Lombok Idjo Yogyakarta“.

Salah satu kuliner ekstrem Jogja dari kalelawar
Salah satu kuliner ekstrem Jogja dari kalelawar

1. Tongseng Bulus

Penyu atau Bulus
Penyu atau Bulus

Baca Juga “Wedang Tahu Bu Sukardi

Pernahkah terfikir kalau daging dari binatang di atas bisa kita nikmati dalam bentuk sajian kuliner?? BInatang yang biasa hidup pada alam bebas juga menjadi salah satu peliharaan ini ternyata bisa kamu nikmati di Jogja dalam semangkuk tongseng.

Sirip bulus yang diolah dengan rempah-rempah konon mempunyai tekstur seperti kikil sapi. Sedangkan daging bulus mirip seperti daging kambing.

Baca Juga “Wedang Ronde Mbah Payem, Nikmatnya menghangatkan Jiwa dan Raga

Salah satunya yang paling terkenal adalah Rumah Makan Mbak Yanti yang berada di jalan Kranggan Kios Nomor 1. Rumah makan sate dan tongseng bulus ini sudah ada sekitar 15 tahun yang lalu.

Tidak serta merta tanpa ada alasan. Rupanya daging bulus kabarnya memiliki beberapa khasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Seperti penyakit sesak nafas, asma, serta sakit gigi.

Baca Juga “Menu special ala Lombok Idjo Yogyakarta

Tongseng Bulus

2. Penyet & Tongseng Codot / Kalelawar

Kalelawar adalah salah satu binatang malam dengan warna tubuh yang gelap. Biasa tidur dengan posisi menggantung, kepala di bawah.

Apa jadinya kalau binatang malam ini menjadi bahan utama tongseng? atau mungkin menjadi penyet kalelawar? Ya, di Jogja kamu bisa menemukanya. 

Baca Juga “Blanco Coffe & Books – Nongkrong Bisa, Belajar pun Bisa

Makanan ini bisa kamu temukan di Jalan Bantul Km 5,5 Yogyakarta (maps). Salah satu pemiliknya bernama Romiyati. Tongseng Kelelawar menjadi makanan unik yang buka sejak jam 3 sore hingga jam 10 malam.

Rupanya tidak sekedar unik dan menantang adrenalin. Kuliner ekstrem jogja yang satu ini diyakini mempunyai khasiat. Menyantap daging kelelawar ini konon katanya dapat menyembuhkan penyakit asma. 

Untuk harganya, satu porsi tongseng kelelawar ini hanya Rp. 7.000. Di warung ini juga terdapat tongseng lain yakni tongseng bajing dan tongseng emprit. 

Baca Juga “Omah Dhuwur Restoran Yogyakarta

3. Sate Kobra

Jika menyantap hidangan ayam, kambing dan sapi sudah menjadi hidangan yang biasa. Kali ini kamu bisa mencoba sate Kobra agar menjadi luar biasa. Kamu bisa menemukanya di jalan Hayam Wuruk 19 Lempuyangan Wangi, Yogyakarta. 

Obat yang diitemukan tersebut adalah dari ular cobra. Dari obat yang ia temukan, banyak penderita kanker sembuh. Memang tidak instan namun tetap membutuhkan proses. Kobra Imperial Kitchen ini telah menyajikan ramuan tradisional untuk penyembuhan kanker. Ramuan tradisional ini berypa jamu yang berasal dari empedu dan sumsum ular.

Kamu juga bisa menikmati daging kobra ini dalam bentuk sate dan juga steak lho. Sangat menarik ya?

Baca Juga “Ayam Goreng Mbah Cemplung

4. Belalang & Kepompong Goreng

Kuliner ekstrem Jogja selanjutnya adalah belalang dan kepompong goreng. Hewan satu ini tentunya bukan hewan yang berbisa seperti ular, dan lumayan sering terdengar menjadi santapan terutama di Jogja.

Belalang goreng sangat banyak dijual di tepi jalanan Gunungkidul, begitu pula dengan kepompong goreng. Kamu bisa menikmati belalang dan kepompong goreng dan menjadikannya camilan untuk menemani berwisata di sekeliling Gunungkidul.

Rasanya yang cukup enak dan gurihnya membuat belalang dan kepompong goreng menjadi kuliner ekstrem Jogja yang lumayan terkenal.

Baca Juga “Jejamuran, Surganya Pecinta Jamur

5. Sate Landak

Kuliner satu ini memang bikin kamu bingung sendiri. Bagaimana bisa landak, seekor hewan yang penuh dengan duri di tubuhnya dijadikan makanan yang enak disantap?

Tapi jangan salah, ternyata landak memiliki tekstur daging empuk yang tidak jauh berbeda dengan daging kambing maupun ayam. Bahkan banyak juga yang percaya dengan khasiat daging landak berupa obat asma, bisa menyembuhkan penyakit liver, dan bisa meningkatkan vitalitas pria.

Baca Juga “Mamahke Jogja, Alternatif pilihan oleh-oleh Khas Jogja

Untuk mencicipi sate landak ini, kamu bisa mengunjungi warung sate landak di Jalan Magelang. Menu makanan di sini tidak hanya sate landak saja, tapi kamu juga bisa memesan rica rica landak, sate hati landak, serta rica rica buntut landak.

Bagaimana Sobat Kuliner? dari uraian diatas, kira-kira mana yang akan masuk daftar tujuan kuliner kamu?? Jangan lupa bagi pengalaman kamu saat menikmati berbagai kuliner ekstrem jogja ya sob! Dan Jangan lupa juga untuk baca “Kuliner Jogja Kaliurang paling Hits 2021“. Happy Kuliner ya sob!!