fbpx
Embung Batara Sriten, Keindahan Telaga buatan Tertinggi di Jogja

Embung Batara Sriten, Keindahan Telaga buatan Tertinggi di Jogja

Embung Batara Sriten adalah sebuah waduk kecil yang berada di puncak gunung kidul. Sebagai tempat wisata yang baru berkembang, Embung ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal ini karena tempat ini menyuguhkan pesona keindahan dari puncak gunung.

Seperti apa pesona Embung puncak gunung ini?? simak artikel ini sampai habis ya! Jangan lupa baca juga “Wisata Jogjaja di gunung kidul yang wajib dikunjungi“.

Pesona embung batara sriten
Pesona embung batara sriten

Lokasi & Jam Buka

Terletak di Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps). Buka dari jam 05.00-18.00 WIB. tentu sangat tepat untuk menantikan matahari terbit dan terbenam.

Tidak sedikit juga yang melakukan camping, jadi bisa jadi 24 jam ya tempat ini buka. Saat weekday tidak banyak pengunjung. Sehingga kamu bisa menikmati keindahan embung ini dengan tenang.

Berhati-hatilah untuk naik ke atas sana, karena kamu akan melewati jalan yang berliku-liku juga curam.

Baca Juga “Prambanan, Saksi cinta bandung bondowoso”

Keindahan Alam Embung Batara Sriten

Ikon utama dari tempat wisata ini adalah adanya embung di puncak tertinggi Gunung Kidul. Embung sendiri merupakan cekungan penampung air atau kamu bisa menyebutnya dengan telaga buatan.

Telaga buatan ini terletak di Puncak Batur Agung, kira-kira di ketinggian 859 mdpl. Selain untuk tempat wisata, embung ini untuk mengairi beberapa tumbuhan seperti kelengkeng dan manggis yang ada di sekitar.

Karena posisinya yang berada di puncak sehingga dari sana kamu bisa melihat Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur saat menaiki puncak Mangir. Salah satu yang menarik perhatian adalah keberadaan makam di embung yaitu adanya makam syekh Wali Jati.

Baca Juga “Pantai wohkudo”

Fasilitas

Tempat ini sudah mempunyai fasilitas yang memadai, seperti berikut ini:

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Pendopo
  • Spot foto

Baca Juga “Pantai baron, Keunikanya menjadi daya tarik tersendiri”

Harga Tiket Masuk Embung Batara Sriten

Untuk bisa menikmati keindahan tempat ini, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Berikut rincian tarifnya :

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 4.000
Biaya Parkir MotorRp 2.000
Biaya Parkir MobilRp 10.000

Baca Juga “Keindahan cahaya sunset parangtritis”

Tips Berkunjung ke Embung

  • Sebaiknya berangkat pada musim kemarau, mengingat jalan yang curam dan terjal akan lebih berbahaya jika suasana hujan. Saat kemarau kamu bisa menikmati sunset tanpa terhalang mendung.
  • Pastikan batre ponsel atau kamera kamu penuh, bawa juga Power Bank. Karena indahnya pemandangan juga banyak spot-spot menarik yang sayang untuk kamu lewatkan dari mengambil foto.
  • Akan lebih seru jika kamu mengendarai motor bersama dengan teman atau kerabatmu atau kamu juga bisa memanfaatkan jasa penyedia tour.

Apakah kamu tertarik untuk berkunjung kesana?? Pastikan tempat ini masuk ke dalam salah satu list liburan akhir pekan kamu ya! Baca juga “Gumuk Pasir Parangkusumo“.