fbpx
7 Minuman Khas Jogja Yang Wajib Kamu Nikmati

7 Minuman Khas Jogja Yang Wajib Kamu Nikmati

Menjelajahi kuliner tentunya tidak lengkap kalau tidak mencoba minuman khas suatu kota. Kali ini akan kami ulas untuk kalian 7 Minuman Khas Jogja Yang Wajib Kamu Nikmati. Penasaran seperti apa ceritanya? Simak artikel ini sampai habis ya! Jangan lupa juga baca “5 Oleh-Oleh Jogja Paling Enak, Murah & Banyak di cari“.

Minuman Khas Jogja
Minuman Khas Jogja

Rujak Es Krim Pak Nardi

Kuliner yang satu ini sangat pas untuk kita nikmati untuk menyegarkan diri dari panasnya kota Jogja. Berlokasi di Jl. Harjowinatan, RT.44/RW.10, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps).

Bukan kios atau ruko, warung rujak es krim milik Pak Nardi ini hanya berupa gerobak dorong berukuran sedang yang ditutupi dengan terpal seadanya dan diberi beberapa kursi bagi pembeli yang makan di tempat. Meskipun demikian, warung ini sudah buka mulai tahun 1978.

Kuliner yang menggabungkan dua jenis makanan ini awalnya berasal dari ide Pak Nardi agar es puter dagangannya pada saat itu laku dan habis terjual. Berawal dari coba-coba dengan memadukan rujak yang telah dicacah dengan es krim puter buatannya, ternyata makanan kreasi pria bernama lengkap Sunardi ini makin digemari banyak orang.

Baca Juga “5 Mie Ayam Paling Terkenal di Jogja, Kamu Wajib Coba

Rujak Es Krim Pak Nardi
Rujak Es Krim Pak Nardi

Wedang Tahu Bu Kardi

Kuliner Jogja yang ini kebalikan dari sebelumnya, kalau tadi menyegarkan sekarang menghangatkan. Namanya wedang tahu bu kardi, tepatnya berlokasi di Jl. Asem Gede, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps).

Beliau sudah berjualan sejak tahun 2009. Setiap harinya, Bu Sukardi ia menyiapkan dagangannya mulai setengah 3 pagi. Secara keseluruhan ia memiliki 6 cabang, antara lain di Jalan Kranggan, Pasar Pathuk, daerah belakang Pasar Colombo, sebelah timur Mirota Godean, sebelum Pasar Godean, dan daerah Jalan Menteri Supeno.

Di hari-hari biasa, dalam sehari beliau dapat menyajikan 150 porsi, dan bisa sampai 200 porsi di akhir pekan. Bagaimana, tertarik? Semangkuk Wedang Tahu bisa dinikmati dengan harga Rp 6000 saja, dari sekitar pukul 6.00 hingga siang pukul 13.00.

Baca Juga “Wedang Tahu Bu Sukardi

Wedang Ronde Mbah Payem

Terletak di sebelah barat Alun-alun Utara Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps).

Kuliner legendaris ini dijual sejak tahun 1965. Ia berjualan di tempat tersebut sejak dulu sampai sekarang tak berubah dengan gerobak dorongnya.

Satu mangkoknya berisi dua butir ronde yang terbuat dari beras ketan, kolang kaling berwarna merah muda yang empuk dan kacang tanah yang renyah. Rasa manis gula nya pun pas, tidak terlalu manis karena menggunakan gula asli. Jahe pada wedang rondenya pun terasa pedas, sangat cocok untuk menghangatkan tubuh di dinginnya malam Yogyakarta. Seporsi wedang ronde bisa kamu nikmati hanya dengan harga cukup murah, hanya Rp 6.000 saja.

Baca Juga “Wedang Ronde Mbah Payem, Nikmatnya menghangatkan Jiwa dan Raga

Kopi Jos

Kalau bahas Kuliner jogja tentu nggak boleh ketinggalan dengan angkringan. Angkringan yang satu ini terkenal dengan kopi jos nya, yaitu kopi hitam panas yang disajikan dengan bongkahan arang panas diatasnya.

Tidak hanya kopi, tapi seperti angkringan pada umumnya, di sini tersedia berbagai menu seperti sego kucing, aneka sate-satean (sate telur puyuh, sate usus, sate ati), aneka gorengan dan minuman panas/dingin lainya.

Jangan sampai lupa untuk datang ke Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271. Buka jam 17.00-00.00 WIB

Baca Juga “7 Kuliner Jogja Malam

Wedang Uwuh

Kalau bahas Kuliner jogja tentu nggak boleh ketinggalan dengan angkringan. Angkringan yang satu ini terkenal dengan kopi jos nya, yaitu kopi hitam panas yang disajikan dengan bongkahan arang panas diatasnya.

Tidak hanya kopi sebagai minuman khas Jogja, tapi seperti angkringan pada umumnya, di sini tersedia berbagai menu seperti sego kucing, aneka sate-satean (sate telur puyuh, sate usus, sate ati), aneka gorengan dan minuman panas/dingin lainya.

Jangan sampai lupa untuk datang ke Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271. Buka jam 17.00-00.00 WIB

Baca Juga “Dimsum Uma Yum Cha, Nikmanya Makan Dimsum di Pasar Gedhe

Bir Pletok

Bir pletok merupakan minuman khas Jogja yang kaya akan rempah. Minuman ini ada karena masyakrakat Betawi ingin mencoba anggur, tetapi tidak bisa membelinya dan dilarang oleh agama. Oleh karena itu masyarakat Betawi membuat inovasi, menciptakan minuman serupa wine sendiri.

Bir pletok justru terbuat dari lada, jahe, dan kulit kayu secang. Kulit kayu secang inilah yang membuat bir pletok berwarna merah. Minuman ini awalnya diracik lantaran dahulu banyak orang Betawi yang melihat kebiasaan warga Belanda di Indonesia. Warga Belanda selalu mengonsumsi wine di dalam sebuah perayaan.

Bir pletok punya banyak khasiat. Beberapa diantaranya, memperlancar peredaran darah, mengatasi nyeri lambung, memulihkan radang sendi mengobati migran hingga menghangatkan badan.

Baca Juga “5 Tempat Ngopi Paling Asyik di Jogja

Es Semlo

 Es semlo adalah salah satu menu khas Keraton Yogyakarta yang sangat terkenal hingga mudah kita temukan saat berjalan di kaki lima. Konon, hidangan ini jadi favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

Minuman khas Jogja dengan sajian dingin ini punya bahan unik, karena terdiri dari rempah tradisional yang biasa masyarakat pakai untuk membuat wedang.

Es semlo mempunyai bahan utama seperti buah pisang, gula pasir, jeruk nipis dan rempah tradisional lainnya.

Minuman ini tak hanya menyehatkan, namun juga mampu menyegarkan dahaga dan membuat tubuh rileks dengan campuran rempahnya.

Baca Juga “5 Bakso yang Wajib Kamu Coba di Jogja

Bagaimana sobat kuliner? Mana yang belum kamu coba? Langsung temukan minuman khas Jogja yang kaya rempah dan juga kaya manfaat. Happy Kuliner Guys..

Baca Juga “Mie Telap 12 Uniknya Makan Mie Instan seperti Gambar Bungkusnya