fbpx
Pantai Sanglen, Perpaduan pasir putih & Birunya air laut yang indah

Pantai Sanglen, Perpaduan pasir putih & Birunya air laut yang indah

Satu lagi keindahan pantai Jogja yang memanjakan mata. Pantai Sanglen namanya, pasirnya yang putih dan tempatnya yang tenang karena belum banyak pengunjung tentunya akan membuat kamu betah untuk menghabiskan waktu disana. Seperti apa keindahan alami disana? SImak artikel ini sampai habis, dan jangan lupa juga untuk baca “Taman Tempuran Cikal, Sungai Amazon di Jogja“.

Keindahan Pantai Sanglen dari atas
Keindahan Pantai Sanglen dari atas

Lokasi & Rute Menuju Pantai Sanglen

Berlokasi di Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps). Rute menuju Pantai Sanglen jika berangkat dari Yogyakarta akan menempuh jarak sekitar 70 km, dengan estimasi waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Yakni dengan melalui Piyungan kemudian Patuk hingga tiba di GCD sampai akhirnya tiba di Pasar Sambipitu. Lalu kamu akan melewati Hutan Bunder, Lapangan Pemda akhirnya tiba di Wonosari.

Sebelum Polres arahkan kendaraanmu untuk belok ke kanan menuju Jl. Baron, terus lurus hingga tiba di pertigaan Mulo kemudian belok kanan. Ketika tiba di Tepus belok ke kanan lagi untuk menuju Pantai Sanglen.

Jalan yang dilalui sudah beraspal dan mulus, namun memang kondisi jalan mendekati arah pantai belum terlalu bagus dan sempit hanya cukup untuk satu mobil saja.

Baca Juga “Puncak Segoro, Spot Terbaik Untuk menikmati Sunset

Jam Buka

Dibuka setiap hari Senin hingga Minggu dan selama 24 jam non stop. Yang harus kamu perhatikan apabila terlalu malam beranjak dari pantai ialah kondisi jalan yang belum dilengkapi dengan lampu penerangan.

Baca Juga “Menikmati Keanggunan Bukit Mojo Gumelem Yogyakarta

Harga Tiket Masuk

Tiket retribusi menuju Pantai Sanglen cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- saja per orangnya, dimana kamu dapat mengakses beberapa pantai yang lain yang masih satu lokasi. Diantaranya Pantai Watukdok, Pantai Indrayanti dan lainnya.

Untuk biaya parkir sendiri jika kamu menggunakan sepeda motor harus membayar Rp. 5.000,- per unitnya, sedangkan untuk mobil dengan membayar Rp. 10.000 per unit. Sungguh hemat bukan sobat traveller? Akan lebih seru kalau kamu datang beramai-ramai bersama teman atau keluarga kamu.

Baca Juga”Menikmati Sejuknya udara di Bukit Isis Jogja

Fasilitas

Fasilitas umum yang disediakan oleh piahak pengelola diantaranya sebagai berikut :

  1. Area parkir
  2. Warung-warung makanan dan minuman
  3. Kamar mandi atau Toilet
  4. Tempat penyewaan tenda
  5. Area untuk camping

Baca Juga “3 Wisata Jogja Yang Tersembunyi

Aktivitas Di Pantai Sanglen

Banyak hal yang bisa kamu lakukan disana diantaranya sebagai berikut :

  1. Menyusuri Pantai
    Berjalan di atas pasir putih tepian pantai sembari menikmati deburan ombak tentu tidak bisa kamu lewatkan. terlebih kalau kamu suka untuk berenang sambil bermain-main ombak. Akan tetapi harus hati-hati karena kondisi ombak yang besar bisa saja arusnya membuat kamu terseret.
  2. Menikmati Sunset
    Jika sore mulai menjelang, banyak pengunjung yang duduk di atas hamparan pasirnya menunggu tenggelamnya matahari di sebelah barat. Panorama alam berubah menjadi lebih cantik berwarna jingga hingga membentuk siluet yang mengagumkan, keadaan alam yang cantik dan suasana yang tenang membuat kamu betah berlama-lama di sana.
  3. Camping
    Tempat ini merupakan tempat yang asyik untuk mendirikan tenda, dan bemalam dengan deburan ombak serta suara alam yang lainnya. Berkemah di pantai merupakan pengalaman yang mengesankan, dimana kamu akan mendirikan tenda diatas hamparan pasir putihnya.
  4. Berburu Foto Instagramable
    Banyaknya spot-spot menawan di pantai ini tentu membuat kamu tidak rela untuk tidak mengabadikan setiap momen disana. Pastikan kamu menyediakan memory yang cukup dan baterai penuh untuk HP atau kamera kamu ya!

Bagaimana Sobat traveller dengan wisata Jogja yang satu ini? Sangat menarik bukan untuk merefresh pikiran kamu? Segera agendakan saja liburan kamu di akhir pekan bersama teman-teman atau keluarga kamu. Jangan lupa ikuti terus perjalanan kami melalui artikel-artikel yang kami ulas. Happy traveling sob!!

Baca Juga “Keindahan Wisata Lemah Rubuh Selopamioro Imogiri Bantul