fbpx
Air Terjun Kedung Pedut, Keindahan eksotis Kulon Progo Jogja

Air Terjun Kedung Pedut, Keindahan eksotis Kulon Progo Jogja

Air terjun Kedung Pedut merupakan salah satu keindahan nan eksotis dari kulonprogo Yogyakarta. Meskipun namanya masih jarang terdengar, akan tetapi tempat ini pernah menjadi salah satu lokasi syuting acara tv nasional. Seperti apa keindahan disana? Simak artikel ini sampai habis dan jangan lupa juga baca “Pantai Sanglen, Perpaduan pasir putih & Birunya air laut yang indah“.

Keindahan yang tersembunyi, Air terjun Kedung Pedut
Keindahan yang tersembunyi, Air terjun Kedung Pedut

Lokasi

Berlokasi di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (maps). wilayah kulon progo memang jauh dari pusat kota Yogyakarta, sedikit membutuhkan perjuangan untuk menuju kesana.

Perjalanan pertama bisa berawal dari tugu Yogyakarta, menuju kearah barat menuju ke perempatan Ring road Barat Demak Ijo. Ambil jalan menuju ke jalan godean hingga mencapai ke pasar godean. Lurus ikuti jalan hingga sampai di pasar kenteng.

Baca Juga “Taman Tempuran Cikal, Sungai Amazon di Jogja

Susunan bebatuan yang terbentuk secara natural menjadi waterpark alami
Susunan bebatuan yang terbentuk secara natural menjadi waterpark alami

Setelah mencapai sini, lanjutkan perjalanan menuju ke tanjakan menoreh. Setelah mencapai sebuah pertigaan ambil kearah goa kiskendo. Kemudian, menemukan pertigaan kembali ambil arah ke kiri. Jalan terus sekitar 4km hingga sobat native menemukan grojogan mudal. Dari sini belok ke kiri menuju ke air terjun kembang soka.

Dari sini, sobat native bisa mengikuti beberapa petunjuk jalan yang akan mengantarkan sobat native menuju ke air terjun kedung pedut. Cukup melelahkan memang, tetapi, rasanya semua akan terbayarkan setelah mencapai di lokasi.

Baca Juga “Keindahan Wisata Lemah Rubuh Selopamioro Imogiri Bantul

Harga Tiket

Harga Tiket Masuk kawasan ini hanya 3 ribu rupiah saja. Ditambah dengan biaya parkir untuk mobil 5 ribu rupiah dan untuk motor 3 ribu rupiah. Harga yang cukup murah untuk fasilitas yang bisa dinikmati di kawasan ini.

Tidak jauh dari air terjun kedung Pedut ini masih ada beberapa air terjun lainya. Pastikan kamu bisa mampir juga untuk menikmati keindahan disana.

Baca Juga “3 Wisata Jogja Yang Tersembunyi

Fasilitas

Beberapa fasilitas pun sudah dibangun di kawasan ini seperti :

  • Kursi
  • Jembatan dari kayu
  • Warung-warung penjual makanan
  • Musholla
  • Toilet
  • Ruang ganti dan masih banyak lagi.

Baca Juga “Menikmati Sejuknya udara di Bukit Isis Jogja

Keindahan Kedung Pedut

Meskipun belum lama di buka yaitu baru mulai tahun 2015, Air terjun kedung pedut ini mempunyai keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri. Air yang jernih dan perpaduan warna tosca dan putih mampu memanjakan mata kita.

Warga sekitar biasanya menyebut air terjun ini dengan nama waterpark alami. Karena, di tempat ini ada sebuah kolam renang yang terbentuk secara alami. Airnya pun berasal dari sumber mata air yang terjun dari sebuah air terjun yang jaraknya tidak jauh dari kawasan ini.

Secara keseluruhan bila dihitung, kawasan kedung pedut ini mempunyai hampir 5 kedung, yaitu Kedung anyes, kedung lanang, kedung wedok, kedung merak, kedung merang. Dimana setiap kedung mempunyai kedalaman yang cukup beragam. kamu bisa memilih mau terjun dimana.

Baca Juga “Menikmati Keanggunan Bukit Mojo Gumelem Yogyakarta

Kedut pedut berasal dari dua kata, yaitu kedung yang berarti genangan, dan pedut yang berarti dalam. Jadi, kedung pedut mempunyai arti genangan air yang cukup dalam. Dilihat dari kedalamannya memang cukup dalam, sekitar 2 sampai 3 meter. Dalam sekali bukan? Bahkan kolam renang buatan jarang memakai kedalaman seperti ini. Sebenarnya, kolam ini ada dua, dimana yang satu berada di dekat air terjun utama. Tetapi, disarankan jangan berenang, cukup menikmatinya saja, karena kawasannya yang cukup berbahaya.

Selain kedua kolam ini, masih ada beberapa kolam kecil yang tersaji disini. Kolam-kolam kecil ini membentuk seperti sebuah tangga. Untuk menikmatinya, kamu bisa menikmatinya dari atas gardu pandang. Disini, keindahan air terjun kedung pedut terhampar di depan mata. Warna airnya yang biru sungguh sangat menyilaukan.

Bagaimana sobat traveller?? sangat menarik bukan untuk datang kesini? tetap patuhi protokol kesehatan ya! Happy Travelling sob..

Baca juga “Puncak Segoro, Spot Terbaik Untuk menikmati Sunset