fbpx
Kalis, Donut Premiumnya Jogja

Kalis, Donut Premiumnya Jogja

Istilah Donat sudah umum dan mudah di jumpai di Indonesia. Kalau kamu berkunjung ke Jogja, maka kamu akan menemukan donat yang tentunya lain dari yang lainya. Donat Kalis namanya. Donat yang satu ini merupakan donut artisan premium pertama di kota Yogyakarta.

Apa itu donat artisan premium? dan apa keunikan donat kalis? simak terus artikel ini sampai habis ya! Jangan lupa juga membaca “15 Kuliner Jogja harga & menu“.

Penampilan donut kalis premium
Penampilan donut kalis premium

Donat Kalis, Donat artisan Premium

Berlokasi di Jl. Candrakirana No.23, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta(maps). Buka dari jam 09.00-20.00 WIB

Premium karena bahan-bahannya merupakan kualitas terbaik. Sedangkan maksud dari kata artisan adalah proses pembuatannya yang satu persatu secara manual dan tidak menggunakan alat atau bantuan mesin.

Ukuranya yang besar, tekstur yang lembut dan pastinya rasa nikmat karena bahan yang digunakan dari bahan premium. Membuat jajanan ini semakin terkenal di kalangan anak muda, bahkan kini menjadi sasaran oleh-oleh khas Jogja.

Baca Juga “Mie Ayam Bu tumini Porsinya Jumbo”

Pelengkap ngopi
Pelengkap ngopi

Awal Perjalanan Membuka usaha

Memilih untuk membuka usaha butuh sebuah keberanian dan keyakinan. Hal ini karena akan membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar.

Seperti halnya upaya Dimas pemilik gerai donat kalis, Sebelum memilih usaha terlebih dulu melakukan riset usaha. Melihat kopi adalah salah satu trend saat ini, akhirnya terfikir untuk membuat jajanan pendamping kopi. Akan tetapi ternyata Jogja sudah mempunyai banyak jajanan tersebut.

Baca Juga “Pizza Tunqu Nangkring, Pizza Kaki Lima Rasa Bintang Lima”

Saat mendatangi salah satu gerai kopi yang menyajikan donat sebagai jajanan pendampingnya, Dimas memutuskan bahwa jajanan yang akan menjadi pilihan usahanya adalah donat.

Berbagai upaya untuk menjadikan donat buatan Dimas berbeda dengan yang lainya membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun.

Baca Juga “Bakmi Jowo Mbah Gito”

Dimas menawarkan donat buatanya ke beberapa gerai kopi sebelum membuka gerai sendiri. Akan tetapi selalu mendapat penolakan. Akhirnya memutuskan untuk membuka gerai sendiri.

Nama “Kalis” sendiri berasal dari sifat adonan donat. Pengunjung akan lebih mudah mengingat nama yang sederhana tersebut.

Baca Juga “The House of Raminten”

Varian Banyak, Harga Hemat, Ukuran maximal

Ada 14 varian donat kalis yang bisa kamu pilih untuk menemani teh atau ngopi bareng orang terdekatmu. Harga yang murah yaitu sama dengan rata-rata donat pada umumnya dan ukuran yang besar membuat donat kalis banyak diburu. Nahkan setiap harinya akan terjual lebih dari 1.000 pcs donat.

Bersama 14 orang karyawan bagian servis dan produksi, gerai ini mampu menghasilkan omset 5-10 juta per harinya. Banyaknya permintaan sering kali membuat bagian produksi kuwalahan.

Rencana Dimas kedepanya adalah menambah jumlah SDM juga menambah varian donat agar para pengunjung tidak bosan. Karena Inovasi produk harus selalu ada dalam setiap usaha.

Baca Juga “Sate Petir Pak nano”

Nah, sekarang sudah ada alternatif untuk jajanan juga oleh-oleh kamu agar tidak itu-itu saja. Bagaimana? kamu tertarik mencobanya? Langsung saja meluncur ke gerai donat kalis sebelum kehabisan. Happy kuliner ya guest!!

Baca Juga “Kuliner Jogja Terkenal paling Hits”