fbpx
Grojogan Watu Purbo, Wisata Air Terjun Hits di Jogja

Grojogan Watu Purbo, Wisata Air Terjun Hits di Jogja

Wisata Jogja memang tiada habisnya untuk kita ulas. Kali ini kita ulas tentang Grojogan Watu Purbo merupakan sebuah Grojoan (air terjun) yang berada di aliran sungai Krasak di tepatnya dusun Bangun Rejo desa Merdikorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta(maps). terletak di aliran sungai Krasak ini memiliki keindahan dan sejuk juga suasananya. Grojokan dengan adanya air terjun di dam sungai yang berundak berjumlah 6 tingkat.

Seperti apa keindahan alam air terjun tersebut? simak artikel ini sampai habis ya! dan jangan lupa baca juga “Wisata Gembira di kebun Binatang Gembira Loka“.

Grojogan Watu Purbo
Grojogan Watu Purbo

Sejarah

Asal mula dibangun pada tahun 1975 merupakan proyek Merapi membangun sabo (dam) yang berfungsi untuk menahan aliran bila terjadi dampak dari erupsi Merapi atau juga lahar dingin. Pemandangan akan menjadi semakin lengkap ketika cuaca cerah, yaitu ketika bisa memandang gagahnya Gunung Merapi dari grojogan ini.

Menjadi obyek Wisata, Bupati Sleman waktu itu Bpk Sri Purnomo bersama Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta Sabtu (21/11/2020), meresmikan objek wisata yang berada di Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman. Peresmian objek wisata ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sleman dan Ketua DPRD Sleman.

Baca Juga “Puncak Kosakora, Menikmati keindahan garis pantai dari Puncak”

Harga Tiket Masuk & Parkir

Jika beruntung bisa melihat view Gunung merapi yang sangat terbuka, terlihat dari puncak hingga kaki-kaki gunung merapi. Seringkali Gunung merapi tertutup awan sebagian atau seluruhnya.  Perpaduan dari enam tingkat air terjun yang alirannya tidak terlalu deras membuat Grojogan Watu Purbo nampak indah dan dan mempesona dipandang mata.

Untuk bisa menikmati keindahan alam ini, tarif masuk kamu bisa membayar seikhlasnya. Selain itu biaya parkir sepeda Rp 2000,-. Kendaraan Roda 2 : Rp.5.000, Roda 4 : Rp.10.000dan Bus Rp 20.000,-. Kamu bisa datang setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB. Beruntungnya semua jenis kendaraan bisa masuk ke lokasi ini.

Baca Juga “Menikmati Keindahan Bukit Klangon”

Fasilitas

Jika kamu berkunjung ke tempat ini, tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Karena pihak pengelola sudah menyiapkan beberapa fasilitas seperti :

  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Warung
  • Spot Mancing
  • spot Foto yang instagenic

Baca Juga “Desa WIsata Pulesari, Masyarakat Desa Kreatif Jogja”

Meskipun buatan akan tetapi nampak alami
Meskipun buatan akan tetapi nampak alami

Rute Menuju Grojogan Watu Purbo

Bagi kamu yang berada di pusat kota seperti malioboro, nol kilometer, dan keraton bisa melalui rute berikut :
Arahkan kendaraan kamu menuju Ringroad utara sampai 10 KM. Setelah itu arahkan ke Jl. Raya Magelang. selanjutnya kamu bisa menggunakan bantuan maps untuk memudahkan langkah kamu. dengan jarag 18 KM dari pusat kota akan membutuhkan waktu sekitar 35 menit untuk sampai tujuan.

Bagaimana sobat traveler? sangat menarik bukan? segera agendakan untuk datang ke Grojogan watu Purbo pada liburan akhir pekan kamu kali ini ya!. Jangan lupa baca juga “Wisata Jogja Kaliurang yang instagramable” untuk menambah referensi liburan kamu ya! Happy Travelling guest..