fbpx
Studio Alam gamplong Mini Hollywood Indonesia

Studio Alam gamplong Mini Hollywood Indonesia

Replika Benteng Belanda di studio alam gamplong sumber foto : jogjakita.co.id

Studio alam gamplong menjadi salah satu tempat favorit wisatawan di Jogja karena mempunyai banyak spot foto yang unik dan instagenic. Terletak di Gamplong 1, Dukuh Sumberrahayu Kec. Moyudan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta(Maps).

Tempat wisata yang mendapat julukan mini Hollywood ini Berada di Kabupaten Sleman, tepatnya 16 kilometer dari titik nol Yogyakarta. Buka setiap selasa-minggu dari jam 08.00-17.00 WIB.

Simak sampai habis artikel ini, dan pastikan kamu mampir saat berkunjung ke Jogja. Baca juga “Wisata Jogja paling instagramable” sebagai alternatif destinasi wisata kamu di Jogja.

wisata jogja

Awal di bangun Studio Alam Gamplong

Benteng belanda di studio alam gamplong

Mooryati Soedibyo, pengusaha sukses pendiri Mustika Ratu ini menjadi pemrakarsa Studio alam gamplong. Beliau ingin menyumbangkan film untuk bangsa. Wanita berusia 91 tahun tersebut berharap agar film tersebut memberikan pelajaran mengenai pengembangan karakter dan kepemimpinan.

Dari ide tersebut terpilih tokoh Sultan Agung sebagai inspirator. Akhirnya muncul film garapan sutradara Hanung Bramantyo dengan judul “Sultan Agung The Untold Love Story”.

Mengambil latar sekitar abad 16-17 saat indonesia berada di bawah kekuasaan Belanda. Sehingga studio di alam gamplong ini terdapat benteng belanda, bangunan cina, joglo, hingga nuansa betawi. 

Kalau sudah seperti ini sudah bisa dipastikan kamu harus mencoba untuk berswafoto di setiap titik ya.

Baca Juga Wisata Waterpark Jogja

Harga Tiket Masuk Studio Alam Gamplong

Suasana Kota tempo dulu

Untuk memasuki Studio Alam Gamplong, tidak ada tarif khusus yang dibebankan. Tersedia kotak di dekat pintu masuk, dimana pengunjung boleh memberi berapa pun sepantasnya.

Harga Tiket Masuk Studio Alam Gamplong
Tiket MasukSEPANTASNYA
Tiket Kereta TuaRp5.000
Tiket Museum Habibi & AinunRp5.000
Tiket Museum Bumi ManusiaRp10.000
Tiket Galery Antiques & Ruang RahasiaRp10.000

Kalau kamu ingin berkunjung saat pandemi, harus membawa surat keterangan rapid dan wajib untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga Wisata Jogja Gunung Kidul

Spot Foto Instagramable

1. Wisata edukasi Perfilman

Kalau berkunjung ke tempat ini, kamu wajib menyiapkan banyak space memory untuk kamera, selain itu jangan lupa untuk membawa powerbank. Banyaknya spot-spot untuk swafoto disini tidak akan membuat kamu mati gaya dan pastinya menambah koleksi galery social media kamu.

Suasana pembuatan film di studio alam sumber foto : instagram/gamplong_studio

Studio alam gamplong dibangun diatas lahan yang luas. Karena digunakan sebagai latar film, sehingga bangunan di setting sedetail mungkin.

Dari wisata ini, bisa memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa proses pembuatan film tidak sesederhana yang terlihat. Bagi kamu yang berkecimpung di dunia perfilman, tempat ibni menjadi salah satu sarana pembelajaran yang efektif.

2. Sensasi dimensi abad 16

Beberapa film dengan suasana alam dan Indonesia jaman dahulu diantaranya Film “bumi manusia” dan juga “Habibie & Ainun”. Berikut beberapa sudut lokasi jaman dulu di studio alam gamplong Jogja :

Meskipun bukan peninggalan masa lalu karena hanya properti syuting, akan tetapi tampak seperti nyata.

Benteng yang terlihat kokoh dan di depanya terdapat aliran sungai dengan jembatan lengkap dengan perahu kayu pada sisi lainya tentunya menambah kesan natural.

Bahkan Pasar tradisional seolah benar-benar mirip dengan kondisi jaman dulu. Rumah dari papan kayu dan tidak ketinggalan payung lebar dari kertas juga keranjang besar khas pedesaan abad 16.

Replika bis model eropa jaman dahulu lengkap dengan suasana pertokoan juga tampak nyata.

Tidak sedikit yang ingin berfoto di depan rumah Ibu ainun dalam Habibie & Ainun 3.

berswafoto dan mengambil video disini pastinya akan membuat kita seperti menjadi bagian dari syuting film ya sobat traveler?

Fasilitas Studio Alam Gamplong

Selain spot foto yang instagenic, ada apa saja fasilitas yang bisa kita temui? Tidak perlu ragu untuk berkunjung karena fasilitas yang studio alam ini sudah lengkap diantaranya :

  • Area parkir yang luas.
  • Toilet.
  • Warung makan.
  • Gallery.
  • Toko souvenir.
  • Berbagai macam spot foto menarik.

Seru banget kan sobat traveler? segera jadwalkan kunjungan kalian di liburan pekan ini ya.. semoga artikel ini bisa membantu kalian menemukan referensi liburan yang sesuai dengan keinginan kamu. Jangan lupa baca juga “Wisata Malam Jogja“.