Kue Adrem, Jajanan dengan Persona yang Unik Khas Bantul

Kue Adrem, Jajanan dengan Persona yang Unik Khas Bantul

Bingung cari oleh-oleh yang unik saat berkunjung ke Yogyakarta? Atau mau cari oleh-oleh yang cocok buat teman ngopi atau ngeteh? Cobain aja Kue Adrem. Penasaran sama jajanan yang satu ini? Simak terus artikel ini sampai habis dan jangan lupa baca juga “Mau Ngopi sambil Berburu Spot Foto? Kopi Natadamar Pilihanya!

Adrem sesaat setelah matang (Bagus Kurniawan)

Kue Adrem merupakan salah satu makanan khas dari Kabupaten Bantul. Memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis sehingga ketika digigit akan terasa legit dilidah. Perpaduan antara tekstur dan rasa ini membuat jajanan yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat sekitar.

Kue Adrem ini sendiri terbuat dari tepung beras yang dipadukan dengan parutan kelapa dan gula jawa. Karena hal inilah yang membuat jajanan ini memiliki kombinasi rasa yang gurih dan manis saat disantap.

Karena memiliki bentuk yang unik, warga sekitar memiliki nama yang nyleneh untuk penyebutan jajanan yang satu ini, yaitu Tholpit. Seperti yang sudah disebutkan, nama ini disematkan karena jajanan ini memiliki bentuk yang aneh nan unik. Tholpit sendiri merupakan akronim kata dari Bahasa Jawa yang memiliki arti sebagai alat kelamin laki-laki yang terjepit.

Adrem yang siap untuk dihidangkan (Fajar Bagas Prakoso)

Jajanan legit ini sangat cocok jika disantap selagi masih hangat. Apalagi ditemani dengan teh ataupun kopi yang agak pahit untuk menetralkan rasa manis dari kue ini. Namun jika anda ingin menikmatinya dengan cara yang lain juga masih akan terasa sangat nikmat.

Adrem sendiri sebenarnya cukup populer ditahun 80-90an. Akan tetapi dengan berjalannya waktu dan berkembangnya makanan kekinian saat ini, adrem kini semakin terkikis kepopulerannya.

Hal ini membuat beberapa pembuat adrem mulai berinovasi dalam memproduksi jajanan yang satu ini. Penambahan variasi rasa seperti stroberi, melon, dan rasa kekinian lainnya menjadi salah satu usaha untuk menarik perhatian dari kalangan muda agar jajanan ini kembali eksis dipasaran.

Bagaimana? Menarik untuk dijadikan oleh-oleh anti-mainstream kan? Jangan lupa untuk terus pantau sosial media JogjaKita untuk dapetin info-info tentang promo yang ada ya!