Ramaikan Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, 14 Acara akan digelar 9 Hari Penuh

Ramaikan Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, 14 Acara akan digelar 9 Hari Penuh

Pada tanggal 7 Oktober mendatang, Kota Jogja akan merayakan hari jadi yang ke-266. Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah menyiapkan beberapa rangkaian acara yang akan berlangsung selama sembilan hari berturut-turut. Rangkayan acara akan dimulai mulai tanggal 1 Oktober sampai 9 Oktober mendatang.

Tugu-jogja-identitas-jogja
Tugu Yogyakarta (amabeltravel.com)
Baca Juga: Kebun Teh Nglinggo, Kebun Teh Jogja dengan Panorama yang Memikat

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengatakan, ulang tahun Kota Yogyakarta akan mengusung tema Sulih, Pulih, Luwih. Ini dimaknai sebagai bentuk kondisi Kota Yogyakarta saat ini yang berhasil beradaptasi dan melewati fase pandemi menuju normal baru dan kembali berkembang dan lebih cepat.

Pada kesempatan ini Pemkot Yogyakarta ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat bisa ikut merayakan HUT Kota Yogyakara ke-266 ini bersama.

Rangkaian Acara HUT Kota Jogja Ke-266

Assisten Administrasi Umum Setda Kota Jogja, Kris Sarjono Sutejo, memaparkan ragam acara HUT Kota Yogyakarta. Diawali dengan peluncuran logo pada 1 Oktober 2022 mendatang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, berbarengan dengan kegiatan Pesona Budaya Nusantara.

Penampakan-jalan-malioboro
Jalan Malioboro (Wikipedia.com)
Baca Juga: Kue Adrem, Jajanan dengan Persona yang Unik Khas Bantul

Kemudian pada 2 Oktober akan dilaksanakan dengan acara sepeda gembira bertajuk YoGowes dan senam bersama di Balai Kota Yogyakarta. Peserta kegiatan ini diperkirakan akan mencapai 2.000 hingga 2.500 peserta yang terdiri dari berbagai lapisan warga masyarakat Jogja.

Dilanjutkan acara semarak karnaval dari para pelajar yang akan menghiasi jalan-jalan di Kota Yogyakarta. Acara ini sendiri akan dilaksanakan pada 3-6 Oktober. Akan ada juga gelaran seni budaya Sekar Rinonce pada 4 Oktober.

Sekati Ing Mall juga akan digelar untuk ikut memeriahkan perayaan HUT Kota Jogja. Acara ini akan dilaksanakan mulai dari tanggal 5 Oktober hingga 9 Oktober di sejumlah mal di Jogja seperti Galeria Mall, Malioboro Mall, dan Lippo Mall.

Walaupun Sekati Ing Mall berakhir tanggal 9, IKM akan diberikan kesempatan berjualan hingga 10 Oktober, jelas Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja Tri Karyadi Riyanto.

Akan ada juga acara rumaket (ruang masyarakat ketemu) pada tanggal 5 Oktober. Acara akan menampilkan hasil karya busana para desainer Kota Yogyakarta yang inspirasinya dari tokoh pewayangan dan akan diperagakan oleh dalang cilik. Bukan hanya itu, acara ini akan dimeriahakan dengan penampilan band asal Yogyakarta yaitu Letto.

Pada 6 Oktober akan ada juga peluncuran Mal Pelayanan Publik di Balai Kota Yogyakarta dan Gebyar Pameran Foto dan Keris di XT Square pada 6-9 Oktober 2022.

Puncaknya akan ada perhelatan Wayang Jogja Night Carnival di kawasan Tugu Yogyakarta pada 7 Oktober. Dimeriahkan juga dengan kegiatan Mandiri Fashion Day di Pasar Bringharjo pada 8 Oktober, dan juga Malioboro Night Coffee di Jalan Jendral Sudirman pada 8-9 Oktober 2022.

Mau dateng kesana? Pake Jogjakita aja! Lebih murah dan hemat. Download disini JogjaKita