Kue Kipo, Jajanan Khas Kotagede yang Kenyal dan Lumer di Mulut

Kue Kipo, Jajanan Khas Kotagede yang Kenyal dan Lumer di Mulut

Bosen ga sih sama makanan yang itu-itu aja? Cobain nih jajanan yang mungil, kenyal, dan lumer saat dimakan, namanya kue kipo. Penasaran jajanan kaya apa kipo itu? Simak terus ya artikel yang satu in karena kita mau bahas apa itu kipo!

Baca Juga “Candi Kimpulan, Potongan Sejarah Ditengah Universitas”

Kue Kipo (Instagram/andybai4)

Tentang Si Kipo

Kipo adalah jajanan khas Kotagede, Yogyakarta yang memiliki tekstur kenyal dan lumer di mulut. Jajanan ini bisa menjadi kenyal karena terbuat dari tepung ketan dengan isian unti kelapa. Ukuran dari kue kipo ini tergolong kecil. Sepotong kipo biasanya hanya sebesar satu ruas jari saja namun hal ini yang membuat kamu ingin terus memakannya.

Sejarah Nama Kipo

Menurut keterangan beberapa pembuat kue kipo. Kipo merupakan akronim dari “iki opo” yang memiliki arti sebagai “ini apa?”. Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh orang-orang dulu saat melihat jajanan yang satu ini untuk pertama kalinya.

Pada akhirnya, kalimat tanya ini lah yang menjadi nama dari jajanan yang satu ini dengan menyingkatnya menjadi kipo.

Baca Juga “Little Tokyo Jogja, Nikmati Liburan Bernuansa Negeri Sakura di Jogja”

Jajanan Kipo (Instagram/paketwisatajogja)

Eksistensi Kipo

Memang eksistensi kipo sendiri kurang terkenal dibandingkan dengan oleh-oleh khas Yogyakarta lainnya. Mengutip dari Kompas.com, menurut Dra. Istri Rahayu yang merupakan salah satu pemilik toko Kipo di Yogyakarta, mengatakan bahwa kemungkinan penyebab kue kipo kurang eksis karena jajanan ini sendiri tidak tahan lama. Kipo hanya bisa bertahan 24 jam saja

Meski begitu, Kipo ini sebenarnya bukannya basi, melainkan tekstur dari kulitnya saja yang menjadi keras. Sehingga tidak terasa kenyal lagi.

Untuk isiannya sendiri atau unti kelapanya bisa bertahan sampai empat hari. Jadi untuk rasanya tidak akan berubah. Kamu sebenarnya bisa juga memanaskannya kembali sehingga kipo kembali hangat dan siap untuk disantap lagi.

Penasaran sama jajanan yang satu ini? Kamu bisa membelinya melalui aplikasi JogjaKita lho! Langsung aja Download Aplikasinya Sekarang!